Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Sebanyak 27 desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan mendapat dana bantuan alokasi Afirmasi dari Kementerian Keuangan disamping anggaran dana desa.
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Dwi Hadi Saputra di Amuntai, Sabtu mengatakan, penyaluran dana desa 2018 agak berbeda dengan tahun sebelumnya karena adanya tambahan dana alokasi Afirmasi dari Kementerian Keuangan.
"Bantuan dana Afirmasi ini hanya diperuntukan bagi desa tertinggal, sangat tertinggal yang jumlah penduduk miskinnya tinggi," ujar Dwi.
Dwi mengatakan sebanyak 27 desa di Kabupaten HSU mendapat jatah dana Alokasi Afirmasi ini yakni sebanyak 6 desa di Kecamatan Danau Panggang, 7 di Kecamatan Babirik, masing-masing 3 desa di Kecamatan Sungai Pandan, Amuntai Tengah, Banjang dan Sungai Tabukan, sedangkan Amuntai Selatan dan Paminggir masing-masing hanya satu desa.
Bantuan dana alokasi Afirmasi berkisar Rp153.549.000 hingga Rp315.098.000 per desa yang pembagiannya langsung diatur oleh Kementerian Keuangan.
Dwi menerangkan, dana alokasi Afirmasi sudah dimasukan dalam penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten HSU 2018 dan disalurkan seiring penyaluran dana desa.
Dwi menambahkan, tahun ini penyaluran dana desa bertambah dengan adanya alokasi Afirmasi yang bertujuan untuk mengatasi kemiskinan dan kesenjangan. Sebelumnya dana desa hanya ada dua alokasi yakni alokasi dasar dan alokasi formula.
Beberapa desa di Kabupaten HSU, masuk kategori sangat tertinggal dengan jumlah penduduk miskin tertinggi seperti Desa Pararain, Telaga Mas dan Longkong di Kecamatan Danau Panggang, Desa Kalumpang Dalam, Parupukan dan Desa Papuyu Kecamatan Babirik, Desa Hambuku Hulu dan Padang Bangkal Kecamatan Sungai Pandan dan Desa Kayakah Kecamatan Amuntai Selatan.
Dikatakan,  Kabupaten HSU sudah menerima penyaluran dana desa sebesar 20 persen untuk tahap pertama, dana akan disalurkan ke kas desa apabila sudah menyelesaikan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2018.
"Dana desa yang diterima Kabupaten HSU sebesar Rp150 Miliar," katanya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018