Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Pihak pemerintah kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan akan dibentuk menjadi seribu wajah.


Oleh karena itu pihak pemerintah kelurahan mengharapkan dukungan pemerintah kota setempat, serta dukungan Forum Komunitas Hijau (FKH) Banjarmasin untuk mewujudkan hal tersebut, kata Plt Lurah Sungai Andai Norahmawati, Rabu.

Ketika bersama dewan kelurahan, satgas kebersihan, dan FKH Banjarmasin meninjau lokasi rencana Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah itu, lurah tersebut menyebutkan sekarang lagi giat menggerakan partisipasi warga untuk membentuk wajah-wajah di berbagai wilayah rukun tetangga kawasan setempat.

Setelah adanya upaya tersebut sekarang sudah mulai bermunculan wajah-wajah kampung yang eksotis yang sulit ditemui di kampung-kampung lain.

Sebagai contoh saja ada kampung yang oleh warga dirubah menjadi wajah kampung bunga, karena hampir semua warga menanam pepohonan hijau yang berbunga, serta tanaman-tanaman hias lainnya.

Di kampung bunga juga dihiasi dengan aneka bunga-bunga tiruan, dan pernak pernik hiasan lainnya, seperti puluhan buah payung yang digantung berbalik dengan aneka warna.

Kemudian dikampung bunga juga warga memanfaatkan botol air mineral besar yang dicat lalu dijadikan pot-pot bunga tanaman hias. Ketua RT setempat Abduk Hakim terus memotivasi warga untuk mempercantik kampung mereka.

Selain itu, tak jauh dari kampung gunga terdapat kampung tentara dimana ornamen dan dinding-dinding rumah, pagar rumah, bercat warna seragam tentara 

serta dihiasi dengan atribut-atribut tentara, tentu kampung ini pula dihiasi dengan aneka penghijauan dan peohonan pelindungan dan tanaman hias.
Penanganan sampah pun dibenahi dengan dihiasi oleh aneka bak sampah, serta sarana kebersihan lainnya.

Selain kampung tentara, nanti terdapat kampung polisi tentu juga dengan pernak pernik dan cat rumah dan pagar memanfaatkan warna baju polisi, tambah lurah didampingi ketua dewan kelurahan Suriansyah.

Kampung lainnya yang terus dibuat adalah kampung air, kampung keluarga berencana, serta aneka wajah-wajah lainnya.

Lurah berharap keinginan itu didukung semua pihak terutama pemerintah, komunitas pecinta lingkungan, serta perusahaan besar yang beroperasi di Banjarmasin melalui dana CSR-nya.

Kelurahan Sungai Andai adalah kelurahan baru di kawasan Banjarmasin Utara setelah wilayah yang dulunya hutan gambut itu berkembang menjadi kawasan pemukiman penduduk dan terdapat 68 jumlah rukun tetangga dengan jumlah puluhan ribu jiwa.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018