Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Selatan melaksanakan rapat pleno terbuka pengundian nomor urut, untuk dua pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati HSS pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Ketua KPU HSS, Imron Rosadi, di Kandangan, Selasa mengatakan, rapat pleno terbuka pengundian nomor dan dilanjutkan deklarasi damai pilkada, ini dilaksanakan sesuai dengan tahapan pilkada.

"Setelah tahapan ini akan dimulai masa kampanye dari tanggal 15 Februari - 23 Juni 2018," katanya, saat memberikan keterangan, di Aula Pendopo Kabupaten HSS, Kandangan.

Dijelaskan dia, dari hasil pengundian nomor urut dua paslon, untuk pasangan dari jalur perseorangan atau independen, H M Najamuddin-M Ridha mendapat nomor satu, sementara dari jalur partai pasangan H Achmad Fikry-Syamsuri Arsyad nomor urut dua.

Untuk jalur independen juga sudah memenuhi syarat verifikasi faktual dengan total dukungan suara sebanyak 20.381, sementara dari jalur partai dengan 22 kursi yang ad di DPRD HSS dari enam partai.

Ketua KPU Kalsel, Samahuddin Muharam, mengatakan karena akan memasuki masa kampanye, maka kedua paslon akan segera menyampaikan laporan dana awal kampanye.

"Penyampaian laporan awal dana kampanye penting untuk disampaikan, karena tidak menyampaikan laporan awal bisa menggugurkan pencalonan,"katanya.

Ia mengingatkan, agar para penyelenggara Pilkada dari tingkat Kabupaten, Panitia Pemilihan Kecamatan (PKK), hingga Panitia Pemunggutan Suara (PPS), selalu menjaga integritas dan netralitas dalam membangun kepercayaan terhadap penyelenggara.

PPK dan PPS merupakan ujung tombak penyelenggaraan pemilu, diharapkan tidak berkumpul dengan tim sukses paslon, adapun bila ada yang dikomunikasikan tim bisa langsung ke KPU HSS.

"Kepada kedua pasangan kami ucapkan selamat untuk berkompetisi di Pilkada 2018, junjung tinggi sportivitas dan siapa pun yang akan terpilih akan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat,"katanya.

Begitu pun, untuk Panwaslu perlu memahami semua regulasi yang berlaku, sehingga nantinya bisa mengingatkan penyelenggara dalam kesibukaannya, agar mematuhi aturan atau pun tahapan yang ada.

Terakhir, ia menginginkan KPU HSS bisa mencapat target tingkat partisipasi pemilih dalam pilkada 2018 sebesar 75 persen, karena di Pilgub sebelumnya di HSS tingkat partisipasi pemilih telah mencapai 85 persen.

Turut hadir, para Komisioner KPU HSS, tim sukses pasangan calon, para pimpinan partai politik, panwaslu HSS, unsur Forum Kooordinasi Pimpinan Daerah, dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018