Martapura (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, menyusun masterplan (rencana induk) bidang pendidikan tahun 2018-2025 yang akan dijadikan pedoman pemangku kepentingan untuk berbagai kebutuhan.

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Banjar Hary Supriadi di Kota Martapura, Selasa mengatakan penyusunan masterplan pendidikan sudah dimulai.

"Kami sudah mengundang sejumlah pihak terkait untuk bersama-sama menyusun masterplan pendidikan agar hasilnya bisa digunakan berbagai pihak sesuai kebutuhan," ujarnya.

Menurut Hary yang didampingi Kabid Sosbud dan SDM Syahrudin, pihaknya juga membentuk tim terdiri dari tim internal dilingkup Pemkab Banjar serta tenaga ahli dari unsur akademisi.

Disebutkan, anggota tim meliputi tim pelaksana, tim perencana, tim pengawas dan unsur OPD terkait serta tenaga ahli dari FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalsel.

"Kami melibatkan berbagai unsur dan pihak terkait menjadi satu tim sehingga penyusunan masterplan pendidikan bisa menyeluruh dan hasil akhirnya benar-benar sempurna," ucap Syahrudin.

Dikatakan Syahrudin yang menjabat ketua tim, tujuan utama penyusunan masterplan pendidikan?adalah sebagai acuan bagi pemangku kepentingan dalam bidang pendidikan.

"Dokumen yang memuat masterplan pendidikan menjadi pedoman atau acuan dalam menjalankan kebijakan rencana maupun implementasi bidang pendidikan di Kabupaten Banjar," ujarnya.

Ditekankan, sasaran menyeluruh dari penyusunan masterplan mewujudkan pembangunan manusia yang berilmu, berpengetahuan, mampu membangun dan menguasai teknologi.

"Selain itu, juga mencetak sumber daya manusia berdaya saing dengan berlandaskan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME sehingga terwujud keseimbangan," kata dia.

Ditambahkan, pendidikan adalah hak azasi manusia sekaligus sebagai sarana merealisasikan hak azasi lainnya dan pemerintah dituntut untuk memberikan fasilitas tersebut.

"Pemkab Banjar menjalankan fungsi menumbuhkan motivasi, stimulasi dan fasilitas, serta menciptakan iklim yang kondusif bagi pertumbuhan serta sinergi unsur pendukung," katanya. 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018