Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Kementrian Keuangan RI, Kementrian Dalam Negeri RI,  Kementrian Desa dan PDTT- RI dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, mengelar Diseminasi Dana Desa,  di Aula Pawon Tlogo Handil Bakti Kecamatan Alalak, pada Jumat ( 26/01 ).

Kegiatan ini bertujuan memberikan peningkatan kopetensi bagi para aparat pemerintah desa dalam melaksanakan pengelolaan dana desa yang lebih baik lagi, sehingga dana desa dapat secara efektif memberikan kontribusi dalam menggerakkan perekonomian desa.


"Pemerintah daerah selaku pembina pemerintahan desa memberikan bimbingan dalam rangka membentuk desa yang profesional, efisien dan efekrif, terbuka, serta bertanggung jawab dan mendorong partisipasi pemerintah desa untuk membentuk Bumdes yang nantinya diharalkan mampu menjadi salah satu tulang punggung perekonomian pemerintah desa untuk kemajuan dan kesejahteraan desa itu sendiri", terang Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, dalam sambutan pada acara Diseminasi Dana Desa.

Pemkab Batola, menurut dia, selalu berkomitmen untuk menuju percapaian kemandirian desa sebagai mana amanah Undang-Undang Desa.

"Komitmen daerah diimplementasikan melalui penyedian dana desa dan DBH pajak serta retribusi daerah, sesuai ketentuan perundangan sebesar 10 persen," terang Noormiliyani.

Hadir pada acara para pejabat pemerintah pusat sebagai Nara Sumber Diseminasi Dana Desa, Dirjen Perimbangan Keuangan Dr Boediaso Teguh Widodo, Sekretaris Perimbangan Keuangan Rujiko, Kasubdit Advokasi Peraturan Desa Kementrian Desa Tertinggal dan PDT dan Kasi Transfer Dana Desa, Dirjen Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri Suyadi, Anggota Komisi XI DPR-RI Ir H Ahmadi Noor Supit.

Selain itu, juga hadir jumlah pejabat Kalsel, Kakanwil Dirjen Perbendaharan Provensi Kalsel, KPKN Banjarmasin, anggota Komisi I DPRD Batola, Kepala SKPD Pemkab Batola terkait, camat dan kepala desa se-Batola.



Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018