Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dipastikan hadir untuk membuka gelaran Konvensi Forum Rektor Indonesia (FRI) 2018.

"Para anggota Dewan Pertimbangan FRI hari ini telah melaksanakan rapat persiapan akhir jelang konvensi di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar," kata Wakil Ketua FRI Prof Dr H Sutarto Hadi di Makassar kepada Antara Biro Kalsel, Kamis.

Dikatakan Sutarto, Konvensi FRI 2018 di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan dibuka 16 Februari dan dijadwalkan berlangsung selama tiga hari hingga 18 Februari 2018.

"Pada hari pertama pembukaan ini Bapak Presiden Joko Widodo akan hadir sekaligus menjadi keynote speaker," ujar Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) itu.

Selain dihadiri kepala negara sebagai pembicara utama, Konvensi Kampus XIV dan Temu Tahunan XX Forum Rektor Indonesia 2018 itu juga dijadwalkan turut mengundang Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat DR Ir Mochamad Basoeki Hadimoeljono dan Menristek Dikti M Nasir.

"Peserta konvensi sendiri akan dihadiri sekitar 4.000 pimpinan perguruan tinggi, mulai rektor, direktur hingga sejumlah akademisi dan guru besar yang turut diundang dari seluruh Indonesia," jelas Sutarto.

Untuk tema yang diangkat, tambah Sutarto, yakni "Memperkuat karakter bangsa dalam menghadapi disrupsi peradaban".

Selain tema utama tersebut, peserta konvensi juga bakal membahas sejumlah sub tema, diantaranya "Penguatan demokrasi Pancasila", "Pendidikan Tinggi yang mampu meningkatkan daya saing bangsa", "Kepemimpinan nasional yang cerdas dan berkarakter" serta "Pembangunan ekonomi nasional yang berdaulat, berkeadilan dan menyejahterakan".

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018