Martapura (Antaranews Kalsel) - Satu kelompok tani di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, menerima bantuan kambing yang diberikan perusahaan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan anggota kelompok tani yang diberikan bantuan tersebut.


Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar Dondit Bekti di Martapura, Rabu mengatakan, bantuan kambing yang diterima kelompok tani Rakyat Mufakat Desa Cintapuri sebanyak sepuluh ekor.

"Jumlah kambing bantuan perusahaan yang diterima kelompok tani sebanyak 10 ekor jenis kambing etawa dan diharapkan dipelihara dengan baik hingga berkembangbiak semakin banyak," ujarnya.

Menurut Dondit didampingi Kepala Bidang Sumber Daya dan Penyuluhan Edie Rosnandi, pihaknya sangat mendukung bantuan yang diberikan perusahaan melalui dana sosial kemasyarakatan bagi kelompok tani itu.

Dijelaskan, bantuan sepuluh ekor kambing bagi kelompok tani itu cukup tepat karena bisa dipelihara dan hasilnya jika sudah semakin banyak bisa meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok tani.

"Kami sudah meminta kelompok tani agar memelihara kambing dengan baik sehingga jumlahnya bisa semakin banyak dan mampu menghasilkan produk lain berupa susu yang nilai ekonomisnya tinggi," ungkapnya.

Ia mengatakan, kambing peranakan etawa bisa dipelihara di daerah mana saja dan sangat mudah beradaptasi baik dataran tinggi yang relatif dingin maupun dataran rendah yang bersuhu agak panas.

Disebutkan, perbedaan mencolok hanya pada ketebalan bulunya, apabila dipelihara di dataran tinggi bulu kambing akan lebih tebal sedangkan di dataran rendah bulu-bulunya relatif kurang tebal.

"Banyak peternak kambing yang awalnya tidak melirik kambing jenis ini tetapi sekarang mulai tertarik memelihara karena fisik kuat dan posturnya lebih besar dibanding kambing kacang atau kambing jawa randu," katanya.

Perwakilan PT Talenta Bumi melalui bagian Corporate Social Responsibility (CSR) Irfanie mengatakan, bantuan kambing diberikan agar bisa dipelihara anggota kelompok tani dan semakin banyak berkembangbiak.

"Kami menilai bantuan kambing cocok bagi kelompok tani karena kondisi lingkungan yang mendukung sehingga kambingnya diharapkan semakin berkembangbiak dan menghasilkan produk susu," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018