Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Komunitas Guppy Kandangan menyelenggarakan kontes ikan Guppy se Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), untuk pertama kalinya, kegiatan ini tidak hanya diikuti peserta dari Kandangan tapi juga dari luar daerah.

Ketua Komunitas Guppy Kandangan, sekaligus Ketua Panita Arif Budiman di Kandangan, Minggu, mengatakan tujuan dari kegiatan itu adalah mempererat tali silaturahmi para peminat dan peternak ikan guppy.

"Kontes ini untuk menambah ilmu pengetahuan tentang jenis ikan guppy dan yang terpenting adalah untuk memperkenalkan ikan hias khususnya ikan guppy kepada masyarakat umum," katanya.

Dijelaskan dia, para peserta dari kontes ini ada yang berasal dari Kabupaten HSS,  juga dari luar daerah seperti Barabai, Amuntai, Rantau, Tanjung, Balangan, Banjarmasin bahkan ada yang dari Samarinda Kalimantan Timur.

Bupati HSS H Achmad Fikry di Kandangan, mengatakan mendukung untuk kegiatan kontes ikan guppy ini, begitupun nantinya  jika memungkinkan akan diadakan lagi kontes seperti itu.

Menurutnya, kontes mendatang  dengan volume yang lebih besar bahkan kalau perlu dengan trophy bergilir bupati untuk menarik lebih banyak peserta. 

"Kami meminta kepala Dinas Perikanan HSS untuk selalu memberikan pendampingan kepada komunitas, agar jika ada anggota komunitas yang ingin mengikuti kontes di luar daerah, sudah dipastikan ikan yang akan diikutsertakan benar-benar sehat,"katanya, saat membuka resmi kontes, yang bertempat di jalan Al Falah, Kandangan, Minggu (21/1).

Dalam kegiatan ini, Bupati HSS juga diberikan kesempatan untuk memilih satu ikan guppy, yang kemudian akan dijadikan sebagai juara terfavorit dalam kontes.

Turut hadir, Camat Kandangan Ronaldy Prana Putra, ketua Komisi II DPRD HSS, staf ahli, Sekda HSS HM Ideham, para kepala kepala OPD terkait, serta masyarakat sekitar yang tertarik dengan diadakannya kontes ikan guppy.   

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018