Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor memastikan tidak ada jual beli jabatan pada seleksi penempatan pejabat di pemerintah provinsi setempat.

"Tidak ada jual beli jabatan dalam pemerintahan saya, siapa pun yang memiliki kompetensi untuk menduduki suatu jabatan maka dia akan mendapatkan promosi sesuai kemampuannya," katanya usai melantik 459 pejabat di lingkungan Pemprov Kalsel di Banjarmasin, Jumat.

Gubernur juga memastikan penempatan pejabat tidak berdasarkan suka atau tidak suka, tetapi orang yang diangkat memenuhi kriteria yang ditetapkan.

"Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak perlu khawatir, kalau memang mempunyai kemampuan yang sesuai dengan yang diperlukan Pemprov Kalsel maka akan mendapatkan promosi sebagaimana ketentuan yang berlaku," katanya.

Saat ini, tambah dia, Pemprov Kalsel sedang fokus pada berbagai program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Beberapa fokus pembangunan tersebut antara lain bidang kesehatan, pendidikan, pangan, dan infrastruktur.

"Jadi, saya harap jangan sampai ada pejabat yang tidak mengetahui dengan fokus program pembangunan kita, semuanya harus mengerti dengan tanggung jawab tugasnya," katanya.

Gubernur juga mendorong seluruh ASN terus mengembangkan inovasi untuk mengejar ketertinggalan pembangunan dari daerah lain.

Menurut dia, bila ada pejabat yang tidak komitmen pada tugasnya, pihaknya tidak akan segan-segan untuk mencopot atau mengganti dengan orang yang lebih berkompeten.

"Jabatan itu adalah amanah yang harus dipenuhi dengan rasa tanggung jawab, begitu juga pemimpin, juga harus berani memenuhi janji yang disampaikan kepada rakyat," katanya.

Ia pun menekankan kepada pejabat yang baru dilantik agar bersungguh-sungguh dalam bekerja untuk memenuhi janji tersebut.

"Namun demikian, jangan lupa untuk bahagia, saatnya kita bekerja dengan gembira dan sungguh-sungguh sehingga hasilnya bisa maksimal," katanya.

Usai pelantikan, Sahbirin mengajak seluruh undangan makan durian. Suasana resmi dan serius di Gedung Maghligai seketika berubah riuh, penuh kegembiraan para pegawai dan wartawan yang berebut makan durian, diiringi suara gubernur yang menyanyikan beberapa lagu. 

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018