Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Arus balik liburan akhir tahun 2017 di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut padat lancar.

Pantuan Antara Kalsel, Senin terlihat pemudik beramai-ramai kembali dari kampung halaman habis bersilaturahim bersama keluarga pada 1 Januari 2018 yang merupakan batas terakhir masa liburan/tidak masuk kerja sejak 30 Desember 2017 selama tiga hari.

Sebagaimana terlihat arus balik pemudik dari daerah hulu sungai atau Banua Anam Kalsel, 1 Januari 2018, walau pun padat, tetapi berjalan lancar.

Berbeda dengan arus balik pemudik lembaran Idul Fitri 1438 Hijriah atau Juni 2017 terjadi kemacetah arus lalu lintas pada beberapa titik, baik dari arah Banua Anam ke Banjarmasin maupun sebaliknya.

Beberapa titik/simpul kemacetan arus lalu lintas saat arus balik pemudik lebaran 1438 H dari Banua Anam - Banjarmasin antara lain pada ruas jalan Binuang Kabupaten Tapin, dan Tambah Hanyar Martapura Kabupaten Banjar, serta sekitar Q Mall Banjarbaru.

Tetapi dalam suana arus balik pemudik liburan akhir Desember 2017 tidak terjadi kemacetan total pada titik/simpul-simpul yang sering terjadi ketika libur panjang lebaran Idul Fitri 1438 H tersebut.

Pada 1 Januari 2018 merupakan hari terakhir libur bagi aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai, karena pemerintah tidak menetapkan 2 Januari 2018 sebagai cuti bersama sebagaimana 26 Desember 2017 yang bersamaan dengan perayaan natal bagi umat Nasrani/Kristiani.

Oleh sebab itu pula, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai harus masuk kerja seperti sedia kala pada 2 Januari 2018 dan pelayanan kepada masyarakat normal kembali.

Banua Anam atau dengan sebutan daerah hulu sungai Kalsel itu meliputi Kabupaten Tapin dengan ibu kotanya Rantau (sekitar 11 kilometer utara Banjarmasin), serta Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan ibukotanya Kandangan (135 kilometer utara Banjarmasin).

Kemudian Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dengan ibukotanya Barabag (165 kilometer utara Banjarmasin), Hulu Sungai Utara (HSU) dengan ibukotanya Amuntai (185 kilometer utara Banjarmasin).

Selain itu, Kabupaten Balangan dengan ibu kotanya Paringin (sekitar 217 kilometer utara Banjarmasin), dan Kabupaten Tabalong dengan ibukotanya Tanjung (236 kilometer utara Banjarmasin).

Jalan trans Kalimantan (Transkal) poros tengah/utara Kalsel atau jurusan Banjarmasin - Banua Anam juga mengakses daerah tentangga Provinsi Kalimantan Timur (Kalsel) antara lain Panajam Balikpapan (sekitar 500 kilometer dari Banjarmasin) lewat "kota minyak" Tanjung Tabalong.

Selain itu, mengakses beberapa ibukota kabupaten pedalaman Kalimantan Tengah (Kalteng), yaitu Tamiyang Layang (sekitar 240 kilometer dari Banjarmasin), ibukota Kabupaten Barito Timur (Bartim), serta Buntok (300 kilometer dari Banjarmasin), ibukota Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Muara Teweh (sekitar 450 kilometer dari Banjarmasin), ibukota Kabupaten Barito Utara (Barut) dan Puruk Cahu (sekitar 600 kilometer dari Banjarmasin), ibukota Kabupaten Murung Raya (Mura) yang berada di hulu Sungai Barito.

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018