Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 228 orang peserta didik Pendidikan Non Formal (PNF) dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menerima dana Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2017.


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS, Nordiansyah, di Kandangan, Rabu (20/12), mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Hulu Selatan bagi dunia pendidikan.

"Pemberian dana PIP ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 19 Tahun 2016 tentang PIP,"katanya.

Dijelaskan dia, peserta PIP PNF seluruhnya berjumlah 448 orang, dari 15 lembaga PKBM  di Kabupaten HSS, untuk Paket A berjumlah 285 orang, Paket B 101 orang, dan Paket C 62 orang.

Adapun besaran dana bantuan pertahun,  untuk peserta Paket A memperoleh sebesar Rp450 ribu, Paket B sebesar Rp500 ribu, dan Paket C sebesar Rp1 juta.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan, dengan pemberian dana PIP tersebut, maka tidak ada satupun peserta belajar yang putus sekolah dan putus dalam mengikuti program karena keterbatasan ekonomi.

"Kepada para pengelola program paket A, B dan C, saya harap agar mengawal peserta hingga tamat sekolah dan mengikuti wajib belajar 12 tahun,"katanya, saat memberikan sambutan bertempat di Pendopo Kabupaten, Rabu (20/12).

Ditambahkan dia, hal ini sejalan dengan keinginan dari Pemerintah Kabupaten HSS agar masyarakatnya menempuh pendidikan selama 12 tahun, atau minimal menamatkan pendidikan setara sekolah menengah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017