Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) HSS terus berusaha meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya, termasuk mendirikan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) dan perluasan ruangan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Kepala Dinkes HSS Hj Siti Zainab, di Nagara mengatakan, pembangunan dan penambahan ruangan di puskesmas tersebut berdasar pada RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten HSS.

"Tujuannya untuk peningkatan pelayanan dan pemerataan akses kesehatan sebagai salah satu straregi mewujudkan visi misi Kabupaten HSS yang Sejahtera, Agamis dan Produktif (Sehati),"katanya.

Dijelaskan dia, langkahnya melalui program pengadaan, peningkatan serta perbaikan sarana dan prasarana puskesmas dan jaringannya.

Selain itu, juga mengacu pada sasaran jangka menengah Dinkes HSS, yang tertuang dalam Renstra (Rencana Strategi), yaitu meningkatkan pelayanan kesehatan yang terjangkau, bermutu, merata dan berkeadilan dengan mengutamakan preventif dan promotif.

Menurut ia, program tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan upaya kesehatan dasar dengan tujuan meningkatnya jangkauan dan kualitas pelayanan kesehatan.

Untuk Puskesmas Bayanan dilakukan penambahan ruang, berdasarkan Permenkes Nomor 75 tahun 2014, yaitu berupa ruang rapat atau aula, mushalla, ruang bersalin dan ruang rawat pasca persalinan, serta ruang tindakan.

Sementara Puskesmas Sungai Pinang, penambahan ruang diantaranya yaitu ruang tindakan, aula, ruang ramah anak, ruang bersalin, ruang pasca salin, ruang gizi, imunisasi dan ruang penyiapan makanan, ruang KIA dan KB, ruang kepala puskesmas, serta Ruang Unit Gawat Darurat (UGD).

Adapun dana untuk penambahan ruang di kedua Puskesmas tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017.

Selain itu, untuk pembangunan Poskesdes Parigi dilakukan berdasarkan hasil Musrenbang, untuk pembangunan fisik dan penyediaan alat kesehatannya, bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2017 dan tanahnya merupakan hibah dari desa.

Bupati HSS Achmad Fikry, mengatakan, pembangunan Poskesdes Parigi ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan rencananya, akan ditempatkan satu orang bidan di Poskesdes tersebut.

"Semoga bisa dimanfaatkan oleh semua yang memerlukan dan kepada petugas Poskesdes maupun petugas kesehatan diharapkan bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan,"katanya, saat memberikan sambutan Poskesdes di Nagara, Selasa (19/12) pagi.

Bupati HSS melakukan peninjauan perluasan ruangan di Puskesmas Bayanan dan Puskesmas Sungai Pinang, Kecamatan Daha Selatan.

Satu Poskesdes yang kembali dibangun dan telah selesai jelang akhir tahun 2017 ini, terletak di Desa Parigi, Kecamatan Daha Selatan dan diresmikan langsung oleh Bupati HSS, didampingi Kepala Dinkes HSS Hj Siti Zainab dan Camat Daha Selatan, H A Sapuan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017