Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan mengharapkan, agar Kantor Berita Indonesia Antara yang dulu bernama Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) tetap menunjukkan independensi.

Ketua dan Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel masing-masing H Syahdillah dan H Suripno Sumas mengemukakan harapan tersebut di Banjarmasin, Rabu, sehubungan sepuluh windu atau ulang tahun ke-80 Antara pada 13 Desember 2017.

Kedua wakil rakyat Kalsel dari Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut mengapresiasi kinerja Antara selama ini, terlebih dalam penyebarluasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 ke berbagai pelosok dunia.

Menurut kedua wakil rakyat "Bumi Perjuangan Pangeran Antasari" Kalsel itu, Antara cukup banyak berjasa menyebarluaskan berita dari provinsinya, bukan saja ke berbagai pelosok dalam negeri Indonesia, tetapi hingga mancanegara atau luar negeri.

"Kita berharap dengan pemberitaan Antara tersebut para investor luar negeri semakin menaruh perhatian untuk bersama-sama membangun provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota ini menjadi lebih maju," ujar kedua wakil rakyat itu menjawab Antara Kalsel.

Selain itu, kedua wakil rakyat dari Grindra dan PKB tersebut mengingatkan, Antara agar tetap atau tidak surut dalam melakukan sosial kontrol sebagaimana media massa lain di tanah air ini dan luar negeri.

"Karena sosial kontrol itu penting dalam upaya menyelematkan negara dan bangsa Indonesia dari penyalahgunaan kewenangan oleh oknum tertentu yang memiliki kekuatan (power)," tutur Suripno, alumnus Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin tersebut.

Mengenai anggapan Antara merupakan corong pemerintah, dia menyaran, agar awak media LKBN sendiri berbuat dan membuktikan sikap serta kerja secara proporsional dan profesional.

"Artinya sejauh kebijakan pemerintah untuk kemaslahatan bersama seluruh rakyat Indonesia sudah sewajarnya pula Antara menyebarluaskan sebagai dukungan dalam bentuk pemberitaan. Berbeda halnya dengan kebijakan yang menekan dan membuat rakyat sengsara," demikian Suripno.

Pada kesempatan wawancara tersebut, kedua wakil rakyat Kalsel dari Gerindra dan PKB itu juga menyampaikan selamat ulang tahun ke-80 Antara dengan doa semoga tetap berjaya dan semakin maju, tidak terkecuali Biro Antara di provinsinya.

Komisi I DPRD Kalsel bukan saja membidangi hukum dan pemerintahan secara umum, tetapi juga media massa, serta keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017