Rantau, (Antaranews Kalsel) - Bupati Tapin HM Arifin Arpan menerima penghargaan peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM yang diserahkan langsung oleh Presiden RI H Joko Widodo pada peringatan Hari HAM ke 69 di Hotel Sunan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/12).

Dalam komfirmasinya, Kepala Bagian Humas Sekertariat Daerah Kabupaten Tapin, Syaifuddin mengatakan bahwa penghargaan yang diterima oleh Bupati HM Arifin Arpan adalah untuk yang ketiga kalinya secara berturut-turut.

"Ini adalah penghargaan ketiga dari Kemenhumham, hal tersebut dikarenakan peran Bupati yang telah membangun Kabupaten Tapin yang peduli terhadap hak asasi manusia," ujarnya.

Dijeskannya, bahwa, pemberian penghargaan ini terkait tentang implementasi pelaksanaan HAM di Kabupaten Tapin, terkait dengan 10 hak dasar manusia berdasarkan UU No. 39 tahun 1999 tentang HAM.

"Atas keberhasilan Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM dalam membina dan mengembangkan daerahnya menjadi Kabupaten yang peduli Hukum itulah, Kementerian Hukum dan HAM RI kembali memberikan piagam penghargaan untuk Bupati Tapin yang diserahkan langsung oleh Presiden RI," ungkap Syafrudin.


Atas penghargaan itu, Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM melalui Kepala Bagian Hukum Setda Tapin Unda Absori SH menyampaikan rasa bangga atas diberikannya kembali penghargaan hukum dan HAM kepada Kabupaten Tapin.

"Hal ini membuktikan pemerintah Kabupaten Tapin beserta jajaran sudah dinilai berhasil dalam penegakkan supremasi hukum dan HAM serta dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat," ujar Kabag Hukum.

Hasil analisis dan evaluasi Kementerian Hukum dan HAM RI kepada Pemerintah Kabupaten Tapin sudah membuktikan bahwa pelayanan hak-hak masyarakat telah mereka dapatkan.

Hak-hal dasar manusia yang meliputi hak hidup, hak mengembangkan diri, kesejahteraan, rasa aman dan hak wanita, hak anak, hak berkeluarga dan hak melanjutkan keturunan sudah didapatkan oleh seluruh masyarakat Tapin.

"Tentunya keberhasilan itu adalah sebagai buah pemikiran Bapak Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM berhasil mewujudkan pembangunan HAM di Kabupaten Tapin," tandas Unda.

Turut mendampingi Bupati Tapin dalam menerima penghargaan itu Sekda Tapin H Rahmadi, Kabag Humas Tapin Syafrudin dan Kepala Bagian Hukum Unda Absori SH sejumlah pejabat lainnya.

Pewarta: M Husein Asyari/Humas Tapin

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017