Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Sosial HSS menyelenggarakan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tahun 2017 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dirangkai penyerahan simbolis beragam bantuan sosial.

Kasi Pelayanan Sosial Anak dan Lanjut Usia, Dinas Sosial Kabupaten HSS, Noor Aisyah, di Kandangan, Jum'at (8/12), mengatakan, penyerahan bantuan oleh Bupati HSS H Achmad Fikry, didampingi Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj Isnaniah dan Kepala Dinas Sosial Hj Siti Erma.

"Bantuan yang diberikan antara lain bantuan Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (Kube PKH), bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), bantuan Sembako bagi Lansia, bantuan satu buah sepeda, dan lainnya,"katanya.

Dijelaskan dia, untuk bantuan Kube PKH diserahkan untuk 25 kelompok, terdiri dari 209 orang dengan total Rp 418 juta, UEP untuk Alumni panti Sosial Bina Remaja sebanyak 20 paket.

Bantuan UEP bagi Alumni Panti Sosial Bina Wanita sebanyak 10 paket, bantuan Sembako bagi Lansia 100 paket, bantuan 1 buah sepeda kepada anak sekolah yang kurang beruntung.

Selanjutnya, bantuan kaki palsu untuk satu orang penyandang disabilitas, bantuan UEP untuk masyarakat tidak mampu sebanyak 33 Kepala Keluarga, serta 10 paket bantuan pakaian untuk lansia.

"Untuk penerima bantuan sosial pada hari ini, semuanya juga mendapatkan paket sembako dan kami menyediakan 500 paket sembako, termasuk untuk lansia tadi,"katanya.

Peringatan HKSN tahun ini dengan Tema, "Kesetiakawanan sosial perekat keberagaman", sedangkan untuk sub tema, "Bersama membangun kepedulian terhadap lanjut usia, penyandang disabilitas dan fakir miskin."

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan, untuk bantuan PKH merupakan tahap keempat dan bantuan terakhir di tahun 2017 ini.

Dijelaskan dia, bantuan sosial yang diberikan pemerintah, bertujuan untuk melindungi masyarakatnya, an disyukuri juga dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masing-masing.

"Bantuan yang diberikan hanya bersifat sementara, dan agar masyarakat penerima bantuan jangan hanya berharap dari pemerintah,"katanya, saat memberikan sambutan pada peringatan HKSN tahun 2017 di Pendopo Kabupaten HSS, Jum'at (8/12).

Ia mengajak, agar masyarakat terus meningkatkan kesejahteraan keluarganya masing-masing, dengan menambah penghasilan dan berusaha mandiri ke depannya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika HSS Hendro Martono, mengatakan, pemberian bantuan tersebut merupakan bentuk kepekaan Bupati HSS terhadap warganya yang belum beruntung.

"Itulah sifat dan karakter H Achmad Fikry ketika mensikapi kehidupan warganya yang berada pada golongan menengah kebawah,"katanya.

Turut hadir, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten HSS Hj Rabiatul Adawiyah Ideham, para pejabat di lingkungan Pemkab HSS, jajaran Dinas Sosial Kabupaten HSS, serta para penerima bantuan sosial se Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017