Tomohon, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara,  optimistis kegiatan "Tomohon Linow Lake 10K" mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke daerah ini.  
   
"Kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Tomohon, kita terus mematangkan persiapannya sehingga diharapkan sukses penyelenggaraannya," kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Tomohon Theodorus Paat di Tomohon, Rabu.

Dia mengatakan, kegiatan ini tidak hanya mampu menyediakan atlet-atlet berprestasi di cabang olahraga atletik, tapi lebih dari itu memperkenalkan potensi-potensi pariwisata yang ada di Kota Tomohon.

Apalagi, pariwisata telah menjadi salah satu sektor andalan di kota yang terletak di ketinggian 700-800 meter di atas permukaan laut, sebutnya.

Saat ini, Kota Tomohon telah menjadi salah satu destinasi wisata di Sulut karena terkenal dengan Danau Linow dan pasar ekstremnya.

"Kami sudah melakukan simulasi terkait rute dan teknis pelaksanaan kegiatan ini. Simulasi yang dilakukan oleh salah satu atlet veteran Ronny Moningka berlangsung lancar," katanya.

Kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan sejak tahun 2015 itu akan dihelat pada 30 November dan diikuti ribuan peserta.

"Dari kegiatan tahunan ini kami mengharapkan dapat mendorong peningkatan prestasi olahraga maupun wujud menjadikan Kota Tomohon sebagai tujuan wisata dunia. Ini juga adalah bagian dari program Dedicate EMAS Pemerintah Kota Tomohon yang saat ini dipimpin Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman dan Wakil Wali Kota Syerly A Sompotan," ujarnya.

Pada "Tomohon Linow Lake 10K" yang dilaksanakan tahun 2016 untuk kategori putra 10 kilometer dimenangkan Agus Prayogo (Jawa Barat), Johari Johan (Sumatera Selatan), dan Nursodik (Yogyakarta), sementara putri Yanita Sari (Riau), Olivia Sadi (Nusa Tenggara Timur), dan Odekta Vina (DKI Jakarta)./f

Pewarta: Karel A Polakitan

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017