Paringin, (Antaranews Kalsel) - Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Paringin, yang berada di ibukota Kabupaten Balangan, layak ditiru oleh sekolah lain bahkan sekolah-sekolah lanjutan di "Bumi Sanggam" karena memiliki group Drum Band handal.

Layaknya para pemain Drum Band senior, mereka memainkan berbagai macam variasi lagu dengan sempurna.

Bukan hanya lagu wajib Indonesia Raya, serta lagu-lagu perjuangan lainnya, bahkan siswa dan siswi ini juga memiliki pembendaharaan lagu lainnya yang mereka gemari.

Grup Drum Band ini selalu menjadi perhatian publik, baik para orang tua siswa, bahkan masyarakat di sekitar sekolah, saat pelaksanaan upacara bendera setiap Senin pagi.

Siswa dan Siswi memukau warga dengan alunan lagu yang mereka mainkan, saat mengiringi pengibaran bendera Merah Putih dengan lagu Indonesia Raya, bahkan membawakan beberapa lagu perjuangan dengan tempo yang sempurna pula.

Bukan hanya pada saat upacara rutin, namun ketika upacara peringatan hari-hari besar nasional, mereka rutin melaksanakan dan selalu di iringi oleh group Drum Band.

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Paringin, H Erjakani mengungkapkan, kegiatan tersebut tak lain dalam upaya memberikan siswa dan siswi kegiatan bermanfaat dan sebagai alternatif ekstrakurikuler sekolah.

"Selain berbagai macam kegiatan ekstra kurikuler sekolah seperti pramuka, dan lain sebagainya, para siswa-siswi juga diberi alternatif lain untuk mengenal alat Drumban yang dimiliki sekolah, sekaligus belajar bekerjasama, disiplin, dan tentunya saling mengisi dan membutuhkan sebagai sebuah group," jelasnya.

Dalam ekstrakurikuler tersebut pula, siswa dan siswi ini juga diajarkan memainkan musik dalam posisi baris-berbaris dengan berkeliling lingkungan warga sekitar sekolah.

Hal ini lanjutnya, dimaksudkan agar para siswa dan siswi ini tak canggung lagi ketika memainkan alat yang mereka pegang, saat dalam posisi jalan dalam barisan, maupun saat banyak warga yang menyaksikannya.

"Mereka punya modal dimasa yang akan datang dalam hal alat musik, baik Drumband maupun Marching Band kelak di sekolah lanjutan yang mereka tuju. Namun kendalanya, apakah sekolah lanjutan itu juga mempunya ekstrakurikuler yang sama," imbuhnya.

SD Negeri 1 Paringin, merupakan salah satu sekolah yang pernah menjadi tempat menimba ilmu bagi seorang Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, dua periode, H Rudy Resnawan, dan merupakan salah satu sekolah dasar tertua di Kabupaten Balangan, sejak masih berada di kabupaten induk, Hulu Sungai Utara.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017