Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Himbauan Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Ibnu Sina agar pegawai di lingkungan pemkot berangkat kerja menggunakan sepeda, tampaknya masih belum berjalan dan terpantau masih minim jumlah sepeda di lokasi parkir balai kota.

Pantauan di lingkungan balai kota Banjarmasin, Jumat hanya ada dua sepeda dan satu milik Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin Safri Azmi saat ditemui mengaku berangkat kerja menggunakan sepeda karena sudah terbiasa.

"Ya, sudah biasa setiap Jumat saya bersepeda ke kantor, apalagi ada himbawan bapak wali kota ini, tentunya harus turuti sekalian olahraga," ujarnya.

Menurut Safri Azmi, dirinya menempun perjalanan sekitar tiga kilometer dari rumah ke kantor ini, hingga tidak terlalu melelahkan menuruti himbawan wali kota untuk setiap hari Jumat seluruh pegawai berangkat kerja menggunakan sepeda tersebut.

"Ya, tidak tahu yang lain, kalau saya senang-senang aja atas himbawan ini, sebab saya juga hobi olahraga bersepeda ini," paparnya.

Hal demikian juga diungkapkan Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Kota Banjarmasin Iwan Ristianto yang juga berangkat kerja menggunakan sepeda.

"Asik pagi-pagi kita berangkat kerja menggunakan sepeda, memang harus pagi sekali kita berangkatnya agar tidak terjebak macet," paparnya.

Menurut dia, ini hanya sebuah himbawan, tidak mengapa kalau pegawai yang belum memiliki sepeda atau tidak tahan mengayuh sepeda untuk tidak melaksanakannya.

Sebagaimana diketahui, terhitung dari Jumat 17 November 2017 seluruh pegawai dilingkup Pemkot Banjarmasin diimbau agar berangkat kerja menggunakan sepeda setiap hari Jumat. Imbauan tersebut tertulis dalam surat edaran Walikota Banjarmasin Ibnu Sina yang dikeluarkan pada (14/11/2017).

Ibnu Sina mengatakan, berangkat kerja dengan bersepeda merupakan perwujudan upaya Pemkot Banjarmasin untuk menciptakan Banjarmasin sehat, juga sebagi tindak lanjut intruksi Presiden No 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS).

Selain itu dia menghendaki kota Banjarmasin bisa lebih ramah lingkungan.

"Ini sifatnya imbauan dulu kita upayakan, dan Ini bukan karena saya hobi gowes. tapi ini agar mendorong Banjarmasin menjadi kota sehat. kota sehat itu dimulai dari prilaku hidup sehat," ujarnya.

Dia menambahkan, pola-pola hidup sehat memang sudah seharunya terus diutamakan selain berolah raga juga menjaga lingkungan agar tetap bersih juga salah satu dari bagian dari GERMAS.

"Berolahraga 15 menit sampai 30 menit sehari, tidak merokok, kemudian membuang sampah pada tempatnya, dan budaya sehat lainya seperti kekantor kita menggunakan sepeda," ucapnya.

Menurutnya, bersepeda di Banjarmasin ini juga tidak terlalu sulit dilakukan, mengingat geografis kota yang bersifat datar tidak ada pegunungan juga memudahkan dalam bagi masyarakat untuk bersepeda.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017