Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) HSS, menggelar diseminasi sehari Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Kepala Dinas PPKBP3A, Dra Hj Is Susilastuti,  di Kandangan  mengatakan, kegiatan ini diperuntukkan bagi pembantu Pembina Program KB Desa (PPKBD) Kabupaten HSS Tahun 2017, dengan tema  "PPKBD sebagai Kader Pelopor Program KB di Desa".

"Peserta KB baru di HSS saat ini sebesar 76%, dan target pengguna MKJP (Metode KB Jangka Panjang) mencapai 111%, dan melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat peran dan bakti PPKBD dalam menjalankan serta pengelolaan program KKBPK di tingkat Desa," katanya.

Dijelaskan dia, tugas dan fungsi PPKBD diantaranya, melakukan KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) atau penyuluhan kepada keluarga dan masyarakat, melakukan pendataan dan pemetaan keluarga setiap tahun.

Serta juga, melakukan konseling kepada akseptor KB, melaksanakan pembinaan dan kunjungan rumah ke rumah,  dan melaksanakan pencatatan pelaporan KKPPK.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan, turut bersyukur target pencapaian Program KB di HSS menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Ia mengharapkan, semua pihak terkait jangan terlalu terlena dengan pencapaian yang diperoleh, karena target sesungguhnya adalah mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

"Ini yang sekarang dan Insya Allah akan terus dilakukan, yaitu bagaimana mensejahterakan masyarakat HSS seluruhnya,"katanya.

Dijelaskan dia, Pemkab HSS berusaha mengangkat harkat dan martabat masyarakat, salah satu caranya dengan mengembangkan potensi yang dimiliki daerah.

Untuk itulah, diharapkan PPKBD turut serta membantu program Pemerintah Kabupaten HSS dengan cara menggali potensi yang dimiliki akseptornya masing-masing.

Ke depannya, menurut dia Pemkab HSS tidak sekedar memberikan bantuan, tapi juga membangkitkan hidup masyarakat, dan diharapkan kepada para Camat membantu program ini di wilayahnya masing-masing.

Dalam acara tersebut diserahkan pula paket sarana kerja dan KIE KIT PPKBD, untuk menunjang aktifitas di lapangan serta biaya operasional PPKBD untuk 9 bulan.

Para peserta serta undangan yang hadir juga dihibur, dengan penampilan drama dari PIK Remaja Angkinang yang berjudul "Akibat remaja yang salah pergaulan".

Turut berhadir, Ketua DPRD Kabupaten HSS Syamsuri Arsyad, para kepala SKPD terkait, serta 148 kader PPKBD dan 22 Petugas Penyuluh Lapangan KB.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017