Barabai, (Antaranews Kalsel) -  Pada peringatan hari Pahlawan 10 November, Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Abdul Latif memberikan santunan berupa uang kepada seluruh veteran yang ada di HST.

Usai upacara apel yang dipusatkan di Taman Dwi Warna Barabai, Jumat jajaran unsur FKPD bersama-sama dengan para veteran juga melakukan tabur bungan di Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Pagat Kecamatan Batu Benawa.

Bupati menyampaikan agar para pemuda dan semua yang masih hidup dapat meneruskan perjuangan-perjuangan para Pahlawan jaman dulu.

"Salah satunya adalah dengan mengisi kemerdekaan ini dengan memberikan yang terbaik dan terus berkarya serta berprestasi untuk pembangunan Negeri ini," katanya.

Menurut dia, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para Pahlawan, untuk itu penghayatan akan sejarah perjuangan merupakan motivasi untuk meningkatkan rasa Nasionalisme.

"Sudah sepatutnyalah kita memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para veteran perang yang masih hidup, agar mereka merasakan hak yang sama dengan kita," katanya.

Dia menambahkan, walaupun jumlah santunan tidak seberapa dengan perjuangan yang pernah dilakakukan veteran namun setidaknya selalu ada perhatian Pemerintah agar tidak melupakan jasa-jasanya.

"Sekarang tugas kita adalah bagaimana mengisi kemerdekaan itu dengan baik sesuai tugas dan peran masing-masing, termasuk dalam membangun Bumi Murakata ke arah yang lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat," tegasnya.

Saat itu Bupati H Abdul Latif memberikan dana hibah sebesar Rp23 Juta kepada organisasi Legiun Veteran Kabupaten HST.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017