Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya  membuka kegiatan pemeriksaan IVA dan Sadanis Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru di Aula Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Rabu (25/10).

Dihadiri Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Drs H Abu Hanifah P MM dan jajaran pimpinan Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru dan Wakil Ketua II TP PKK Kota Banjarbaru Hj Syarifah Mariatul Qiftiah Said Abdullah .

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan IVA dan Sadanis kanker payudara sedini mungkin sangat baik untuk dilakukan untuk mencegah, dimana penyebab kematian, khususnya kaum wanita kerena kanker serviks dan kanker payudara.

Karena itu TP PKK Kota Banjarbaru bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru untuk menggiatkan pemeriksaan mendeteksi dini untuk mencegah peningkatan kanker serviks dan kanker payudara.

Kanker serviks merupakan mimpi buruk bagi setiap wanita. Dan seseorang yang divonis penyakit ini biasanya tidak akan mengalami gejala hingga kanker ini berlanjut dan menyebar. Gejala-gejala penyakit ini meliputi pendarahan pada vagina terutama setelah melakukan hubungan seksual, nyeri panggul, dan keluarnya cairan pada vagina.

Menurut Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani selain di masyarkat juga ada pemeriksaan gratis sampai akhir bulan November di semua Puskesmas yang ada di Kota Banjarbaru untuk pemeriksaan kanker serviks dan kanker payudara. Dan hari ini khusus untuk ASN dan isteri ASN dari lingkup Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, hari ini dilakukan pemeriksaan dengan Pap Smear.

Pap Smear  adalah sebuah prosedur untuk menguji kehadiran kanker serviks pada wanita.manfaat Pap Smear adalah untuk deteksi dini kanker serviks, yang sangat penting untuk pengobatan sejak pra kanker, jadi peluang untuk kesembuhannya cukup besar.

Pap Smear juga merupakan langkah awal dalam mendeteksi ataupun menghentikan kemungkinan perkembangan kanker serviks. Dengan melakukan pemeriksaan sedini mungkin tentu dapat mengurangi terjadinya kanker serviks.

Dan untuk beberapa hari kedepan juga akan dikumpulkan semua ASN bukan hanya ASN dari Dinas Kesehatan saja tapi semua ASN wanita yang ada di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarbaru diharapkan untuk melakukan pemeriksaan kanker serviks dan kanker payudara.

Hj Ririen Nadjmi Adhani berharap semua ASN wanita dan isteri-isteri ASN yang ada di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarbaru bebas dari kanker serviks dan kanker payudara.

Hj Ririen Nadjmi Adhani juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Kota Banjarbaru, terutama para ibu-ibu yang sudah berkeluarga/sudah mempunyai anak, agar melakukan pemeriksaan sedini mungkin tentang kanker serviks dan kanker payudara. Karena pemeriksaan dilakukan di semua Puskesmas yang ada di Kota Banjarbaru secara gratis.

Pada kesempatan itu Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya saat menyaksikan  Wakil Ketua II TP PKK Kota Banjarbaru Hj Syarifah Mariatul Qiftiah Said Abdullah yang sedang menjalani pemeriksaan Pap Smear.


Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017