Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Wakil Wali kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan membuka  Festival anak sholeh yang di selenggarakan Oleh Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD-LDII) Kota Banjarabaru tahun 2017 di Padepokan Persinas Asad Kalsel Jalan Sidodadi 2 Gang Rajawali 2 Kelurahan Loktabat Selatan Kecamatan Banjarbaru Selatan, Sabtu. 

Dihadiri Ketua DPW LDII Kalsel H Dady Supriana MT, Ketua DPD LDII Kota Banjarbaru, Camat Banjarbaru Selatan, Lurah Loktabat Selatan dan para orang tua dari peserta Festival anak sholeh dan undangan lainnya.

Ketua DPW LDII Kalsel H Dady Supriana MT mengucapkan terimakasih atas kehadiran Wakil Wali Kota Banjarbaru untuk membuka kegiatan Festival anak sholeh. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter anak sejak usia dini. Mereka telah diajarkan serta ditanamkan nilai-nilai agama sejak dini.

Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan bahwa para orang tua tentunya sangat mendambakan hadirnya anak-anak yang sholeh, cerdas, serta berguna bagi nusa dan bangsa. Harapan ini tidak akan datang begitu saja, harus ada usaha positif yang dilakukan, baik melalui jalur formal maupun informal.

Dan satu dari sekian jenis pendidikan itu adalah pendidikan agama, karena pendidikan agama merupakan dasar dan acuan anak-anak agar menjadi orang-orang yang berbudi pekerti yang baik H Darmawan Jaya berpesan kepada anak-anak, janganlah sia-siakan ataupun mengecewakan kedua orang tua kalian. Buatlah mereka bangga dan bahagia memiliki anak-anak yang cerdas dan membanggakan.

Festival anak sholeh merupakan kegiatan tindak lanjut dari serangkaian program pembinaan bagi seluruh Generasi Penerus (Generus) bangsa dan agama dalam rangka membentuk generus yang handal terutama menghadapi tantangan di masa depan yang penuh dengan rintangan, baik tantangan dari segi agama, moral, akhlaq, budi pekerti, ekonomi.

Tujuan dari festival anak sholih ini adalah untuk mengukur ketercapaian atas target pembelajaran/pengajian (pengrtahuan agama maupun pengetahuan umum) yang sudah ditetapkan kurikumlum penggerak pembina generus yang mana silabus telah ditetapkan oleh Dewan Pimpinan Pusat LDII. 

Festival anak sholeh ini merupakan suatu kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk pembentukan generasi muda yang memiliki akhlak yang mulia ditengah keadaan generasi muda sekarang ini terpengaruh dengan hal-hal yang buruk dan merusak generasi muda.

Selain itu kegiatan ini untuk mengasah kreatifitas, festival anak sholeh se Kota Banjarbaru ini juga dapat menjadi wadah untuk menjalin ukhuwah islamiyah antara sesama peserta, guna mengembangkan kepekaan sosial, kemampuan bersosialisasi, dan tentu saja untuk menumbuh kembangkan bakat mereka. 

Karena itu pendidikannya sejak dini harus senantiasa dipersiapkan untuk menunjang masa depannya itu. Hal ini tentunya mewajibkan kita untuk mampu mengembangkan metode bimbingan, pengasuhan dan pendidikan yang tepat dan kreatif kepada anak-anak, tentu saja dengan tetap meletakkan dasar-dasar keimanan sebagai pondasi yang kuat untuk mengiringi tumbuh kembangnya.

H Darmawan Jaya ingin anak-anak yang mengikuti festival ini, agar berlombalah dengan baik dan jujur, raihlah prestasi setinggi-tingginya, dan binalah hubungan baik antar peserta lomba sehingga setelah festival ini berakhir, kalian tidak hanya akan mendapatkan penghargaan atas prestasi kalian, namun juga akan mendapat saudara baru.

"Jangan pernah lelah dalam menjalankan amal ibadah sebagai umat islam, serta berlakulah santun terhadap orang tua dan guru-guru kalian, insya Allah kalian akan menjadi anak-anak yang berguna bagi orang tua, masyarakat dan agama," kata H Darmawan Jaya.

Ia menambahkan semangat anak-anak menunjukkan bagaimana Kota Banjarbaru beberapa tahun mendatang, generasi hari ini adalah cerminan masa depan suatu bangsa. Melalui festival anal soleh ini mari kita persiapkan generasi penerus yang beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah dan mandiri.Raihlah cita-cita kalian setinggi  langit, raih prestasi terbaik dan selalu berakhlak mulia.

Pada kesempatan itu H Darmawan Jaya memberikan pertanyaan dadakan kepada dua orang peserta Festival anak sholeh Selvi dan Wahabbi dan juga memberikan hadiah tas sekolah kepada Selvi dan Wahabbi yang telah berhasil menjawab pertanyaan dari H Darmawan Jaya.

H Darmawan Jaya didampingi Ketua DPW LDII Kalsel dan Ketua DPD LDII Kota Banjarbaru saat memukul gong sebagain tanda dimulainya Festival anak sholeh. H Darmawan Jaya juga menerima cinderamata dari Ketua DPD LDII Kota Banjarbaru. Usai kegiatan pembukaan Festival anak sholeh, H Darmawan Jaya didampingi Ketua DPW LDII Kalsel dan Ketua DPD LDII Kota Banjarbaru meninjau stand bazar Festival anak sholeh./f

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017