Martapura, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, terus meningkatkan sarana pelayanan tingkat dasar bagi masyarakat sehingga lebih mudah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur di Martapura, Ahad mengatakan, salah satu peningkatan sarana pelayanan kesehatan adalah melalui pembangunan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

"Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan dasar masyarakat sehingga dibenahi agar seluruh lapisan masyarakat bisa memanfaatkan sarana di tempat itu," ujarnya.

Disebutkan, salah satu puskesmas yang dibangun yakni unit pelayanan teknis (UPT) Puskesmas Simpang Empat 2 yang terletak di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar.

Dijelaskan, pembangunan prasarana dasar pelayanan kesehatan itu adalah salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap peningkatan sarana pelayanan kesehatan tingkat dasar.

"Kami berharap keberadaan sarana pelayanan kesehatan yang lebih dekat ke lingkungan masyarakat itu, membantu masyarakat sekitarnya untuk mendapat pelayanan kesehatan dasar," harapnya.

Menurut dia, bangunan Puskesmas Simpang Empat 2 merupakan pengganti puskesmas lama yang berjarak sekitar 300 meter dan bangunan lama dijadikan pelayanan kebidanan.

"Puskesmas baru, dibangun dua lantai dengan luas keseluruhan bangunan 440 meter persegi. Lantai 1 sebagai sentral pelayanan kesehatan dan lantai dua administrasi dan manajemen," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Banjar Ikhwansyah mengatakan, pihaknya sudah memungsikan bangunan baru puskesmas dan dijanjikan kualitas pelayanan akan semakin ditingkatkan.

"Keberadaan puskesmas sangat penting bagi masyarakat karena bisa mendekatkan sarana pelayanan menjadi lebih dekat dan mudah sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh berobat," kata dia.

Ditambahkan, puskesmas baru itu rencananya diresmikan dan dioperasikan mulai tanggal 12 November 2017 atau bertepatan Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017