Kandangan  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) melaunching Sistem Pelayanan Perizinan Online (Sipolin).

Kepala DPMPTSP HSS Erliany Yustika, di Kandangan, Rabu (18/10), mengatakan, Sipolin merupakan aplikasi yang dapat digunakan masyarakat, untuk mengajukan izin secara online dengan mengirim data dan dokumen persyaratan sesuai jenis perizinan yang diajukan.

"Dengan aplikasi sipolin masyarakat tidak lagi direpotkan untuk datang ke Kantor DPMPTSP HSS hanya untuk mengetahui persyaratan, pendaftaran dan status penmohonan, jadi semua bisa dilakukan secara online, kecuali waktu pengambilan surat perizinan yang sudah selesai,"katanya.

Dijelaskan dia, untuk tahap awal sebagai proyek perubahan untuk Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat Pim) II, pelayanan sipolin hanya dua, yaitu pembuatan surat perizinan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP).

Untuk membuatan TDP dan SIUP ini tidak dikenakan biaya atau gratis dan kedepannya setelah memberikan pelayanan TDP dan SIUP, maka akan diperluas lagi dengan pelayanan lain, sehingga lebih banyak lagi layanan online yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Diharapkan dia, dengan adanya aplikasi perizinan online tersebut, dapat memberikan pelayanan publik yang optimal, cepat, dan tepat guna, serta mampu memberikan informasi data perizinan di HSS.

Wakil Bupati HSS H Ardiansyah, mengatakan, hendaknya aplikasi yang telah dibuat ini, diintegrasikan nantinya dengan dinas terkait, saat memberikan sambutan dalam Launching Sippolin di Aula Rakat Mufakat (Ramu) Sekretariat Daerah HSS, Kandangan, Rabu (18/10) pagi.

"Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat lebih optimal lagi, sehingga dapat memberikan kemudahan kepada warga masyarakat yang ingin mengurus ijin, dengan menggunakan media online Sippolin yang kita launching pada hari ini,"katanya.

Ditambahkan dia, adanya inovasi – inovasi pelayanan terhadap masyarakat semacam ini diharapkan dapat terus bermunculan, dan yang sudah ada agar dapat ditingkatkan lagi.

Hal ini tentunya menurut dia, selaras dengan visi pembangunan Kabupaten HSS, yaitu terwujudnya masyarakat yang Sejahtera, Agamis, dan Produktif (Sehati).

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017