Paringin, (Antaranews Kalsel) - Demi menciptakan tambahan lapangan kerja di wilayah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, pemerintah kabupaten berjuluk "Bumi Sanggam" melaksanakan seleksi dengan transparan.

Penciptaan lapangan kerja tersebut sesuai dengan visi dan misi pasangan "Sehati" Bupati Balangan, Wakil Bupati Balangan, H Ansharuddin dan H Syaifullah.

Sebanyak 459 calon petugas satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Balangan, sejak hari pertama menjalani tes lanjutan, setelah sebelumnya mereka lulus tes administrasi dan tes kesehatan.

Antusias warga dari Kabupaten Balangan, bahkan dari luar daerah mengikuti tes tersebut luar biasa, meskipun hanya sebagai tenaga kontrak anggota Satpol-PP.

Hal itu terjadi, karena banyaknya warga yang membutuhkan lowongan pekerjaan, membuat Pemerintah Kabupaten Balangan, turut menciptakan peluang kerja bagi putra-putri terbaik.

Dari 459 peseta yang lolos seleksi administrasi meliputi 154 orang peserta putri dan 305 peserta Pria. Mereka akan disaring lagi hingga mengerucut terpilih 60 calon pegawai Satpol PP Balangan sesuai target yang sudah ditetapkan.

Sementara untuk tes fisik meliputi lari keliling lapangan minimal dalam waktu 12 menit, shit up, push up dan shuttle run (lari angka 8). 

Terkait sistem seleksi, Rakhmadi Yusni, Kepala SatPol-PP Balangan mengatakan, seleksi memakai sistem gugur. Dalam setiap tahapan, peserta yang tidak lulus akan gugur dan tidak dapat mengikuti tes selanjutnya.

Selain itu, seleksi juga dilakukan secara obyektif dan transparan. "Yang kami butuhkan petugas yang profesional. Oleh sebab itu, proses seleksi penerimaan Satpol-PP dilakukan secara obyektif, maka kami juga libatkan BKD , Kodim 1001 Amt Balangan dan Dinkes dalam seleksi perekrutan tenaga kontrak tersebut," ungkapnya.

Jadi, tambah Rakhmadi, mereka yang sudah diterima dan siap bekerja dapat mendukung kuantitas dari personel yang sudah ada.

"Kami harap dengan penambahan personel ini, kinerja lebih meningkat dan siap melaksanakan tugas pokok dan fungsi menegakkan Perda," pungkasnya.

Sementara itu Arif dan Tya, keduanya merupakan warga Kecamatan Paringin, yang merupakan peserta seleksi mengungkapkan, sangat senang karena memiliki kesempatan untuk ikut seleksi calon tenaga kontrak yang diselenggarakan oleh Pemkab Balangan.

"Sangat senang karena Pemerintah Kabupaten Balangan, membuka lapangan pekerjaan. Semoga di lain kesempatan akan ada lagi penerimaan meskipun hanya sebagai tenaga kontrak, karena sistem perekrutannya memuaskan, semuanya transparan," ungkapnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017