Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) HSS memperluas layanan kesehatan untuk masyarakat dengan membangun Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).

Kepala Dinkes HSS   Siti Zainab, di Kandangan Jumat mengatakan, pembangunan Poskesdes merupakan wujud komitmen Pemkab HSS untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Pembangunan Poskesdes di hampir seluruh desa di Bumi Antaludin, khususnya di wilayah yang tidak terjangkau pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas),"katanya.

Dijelaskan dia, tiga Poskesdes di Kabupaten HSS  yang diresmikan Selasa (26/9) oleh  Bupati HSS  Achmad Fikry, yaitu Poskesdes Malinau, Kecamatan Loksado, Poskesdes Batu Laki, Kecamatan Padang Batung serta Poskesdes Sungai Paring, Kecamatan Kandangan.

Pembangunan untuk Poskesdes Malinau sebesar Rp270 juta, rehab rumah paramedis Puskesmas Malinau sebesar Rp121.590.000, rehab rumah dokter Puskesmas Malinau senilai lebih dari Rp90 juta.

Untuk Poskesdes Batu Laki Rp289 juta lebih, dan Poskesdes Sungai Paring sebesar Rp274.494.000 dengan sumber dana anggaran yang dipergunakan, bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2017.

Menurut dia, untuk lahan tempat didirikannya Poskesdes Sungai Pinang, hibah dari warga Kandangan, Muhammad Rafi'i, sementara untuk lahan didirikannya Poskesdes lainnya disiapkan oleh warga masyarakat masing-masing Poskesdes.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan, kerja sama masyarakat dalam menyediakan maupun menghibahkan lahan, merupakan bentuk nyata  kontribusi dan peran serta masyarakat HSS dalam pembangunan.

Ia  mengucapkan permohonan maaf,  jika ada keinginan maupun aspirasi masyarakat yang belum bisa terpenuhi, disebabkan terbatasnya waktu dan anggaran yang ada, serta mengingatkan agar hasil-hasil pembangunan yang ada untuk dijaga dan dipelihara.

Dijelaskan dia, Poskesdes sebagai wadah pelayanan kesehatan masyarakat, diharapkan bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada ibu-ibu yang hamil dan melahirkan.

"Kepada bapak Ibu, tolong informasikan kepada masyarakat sekitarnya, khususnya kepada ibu-ibu hamil agar memanfaatkan pelayanan kesehatan di Poskesdes," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017