Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry meresmikan kas titipan Bank Indonesia (BI), yang menggandeng PT Bank Kalsel sebagai bank pengelola kas titipan untuk wilayah layanan HSS, Hulu Sungai Tengah (HST) dan Tapin.


Kepala Bank Kalsel Cabang Kandangan Andhy Andriyawan, di Kandangan, Kamis (28/90, mengatakan, kas titipan yang dialokasikan sebesar Rp100 milyar, jumlah ini nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan apalagi kurang bila meminta tambahan dengan melaporkan ke BI.

"Dipilihnya Bank Kalsel Cabang Kandangan karena memang posisi kita yang berada di tengah-tengah, dari tiga wilayah Kabupaten yang akan dilayani, keberadaan kas titipan juga untuk meningkatkan kepercayaan kepada bank bahwa ketersediaan uang di bank senantiasa ada,"katanya.

Dijelaskan dia, tujuan kas titipan untuk memudahkan warga untuk menukarkan uangnya yang tidak layak edar, teknisnya warga yang menukarkan uangnya di bank yang bekerjasama atau bermitra dengan BI, dan bank mitra kemudian mengumpulkan uang untuk kemudian ditukarkan ke kas titipan.

Uang tidak layak edar yang ditukarkan,  bisa dari recehan hingga ratusan ribu Rupiah, baik berbentuk logam ataupun uang kertas.

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS mengapresiasi peran Kantor Perwakilan BI  Kalimantan Selatan dalam mendukung kemajuan perekonomian daerah.

"Kas titipan di Kandangan  akan memberikan manfaaat perputaran kas dan ketersediaan uang yang layak edar bagi masyarakat,"katanya, saat memberikan sambutan dalam peresmian kas titipan BI di Bank Kalsel Kandangan, Kamis (28/9) pagi.

Menurut dia, layanan ini juga makin mendekatkan fungsi perbankan kepada masyarakat, kebutuhan masyarakat jadi terpenuhi, dan turut memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk dapat memperlakukan uang dengan baik dan benar.

Pembukaan kas titipan Bank Indonesia ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati HSS, dilanjutkan dengan pemotongan pita penggunaan kantor kas titipan, yang menempati salah satu ruangan di Bank Kalsel Cabang Kandangan.

Turut hadir, Kepala Kantor Perwakilan BI Kalsel Harymurty Gunawan, Wakil Bupati HSS H Ardiansyah, Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad, Kapolres HSS AKBP Rahmat Budi Handoko, Dandim 1003 Kandangan Letkol Infanteri Gufron, Ketua MUI HSS KH Muchyar Dahri, Perwakilan Forkompinda HSS, para kepala OPD, pimpinan BUMN dan BUMD dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017