Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kalimantan Selatan berupaya membina pemain sejak usia dini melalui berbagai program yang menyertakan pelajar sekolah dasar.

"Mengenalkan sekaligus membina anak-anak tingkat sekolah dasar menjadi pesepak bola merupakan program PSSI Kalsel," ujar Ketua Umum Asprov PSSI Kalsel Hasnuryadi di Banjarbaru, kalsel, Minggu.

Ia mengatakan hal itu di sela Festival sepakbola usia dini tingkat Kalsel yang diikuti 1.000 anak-anak sekolah dasar dan sederajat serta sekolah sepak bola di lapangan Murjani Banjarbaru.

Menurut dia, festival sepak bola usia dini menjadi salah satu program PSSI Kalsel untuk menanamkan rasa kecintaan dan semangat anak-anak usia sekolah dasar terhadap sepak bola.

"Festival ini bukan mencari kalah dan menang tetapi menanamkan kecintaan anak-anak terhadap sepak bola. Biarkan mereka bermain dan lebih mengenal sepak bola," ungkapnya.

Dijelaskan, pembinaan sepak bola sejak usia dini diharapkan menciptakan generasi yang sehat, mencintai olahraga sekaligus karakter sportif, disiplin dan menjunjung tinggi nilai persahabatan.

"Sepak bola menjadikan seseorang berjiwa sportif, disiplin tinggi sekaligus menanamkan nilai-nilai persahabatan karena banyaknya individu yang terlibat dalam satu tim," ucapnya.

Dikatakan Manajer PS Barito Putera itu, masa depan sepak bola Indonesia ada ditangan generasi muda termasuk anak-anak yang mengikuti festival sepak bola tahunan tersebut.

"Harapan kami, jika anak-anak sudah menyukai sepak bola, mereka disiplin dan tekun berlatih sehingga meraih sukses serta menjadi pesepak bola yang handal dan berprestasi," pesannya.

Panitia festival sepak bola usia dini Arifin mengatakan, pihaknya mengundang tim dari sekolah dasar dan sederajat maupun sekolah sepak bola yang tersebar di Kalsel untuk mengikuti event ini.

"Jumlah anak yang mengikuti festival mencapai 1.000 anak berasal dari 64 tim baik dari sekolah dasar sederajat maupun sekolah sepak bola," ujarnya.

Sementara itu, pembukaan festival yang dilaksanakan di lapangan Murjani dilakukan Wali Kota Nadjmi Adhani yang didampingi Ketua DPRD Kota Banjarbaru AR Iwansyah.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017