Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Ribuan pelajar usia sekolah dasar dan sederajat dari berbagai wilayah di Kalimantan Selatan mengikuti festival sepak bola usia dini yang diselenggarakan Asosiasi Provinsi PSSI setempat.

Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani di Banjarbaru, Kalsel, Minggu, mengatakan, pihaknya merasa bangga sekaligus menyambut baik festival sepek bola yang diikuti puluhan tim dari berbagai sekolah itu.

"Kami bangga Banjarbaru menjadi tempat dilaksanakannya festival dan mendukung pelaksanaan kegiatan karena bisa menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap sepak bola," ujarnya.

Menurut wali kota yang saat itu didampingi Ketua DPRD Banjarbaru AR Iwansyah, sepak bola adalah olahraga semua kalangan dan dicintai masyarakat dari berbagai lapisan.

Dia menekankan, program yang dilakukan Asosiasi Provinsi PSSI Kalsel itu merupakan upaya menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap sepak bola dan festival ini adalah langkah yang tepat.

"Festival ini merupakan program yang tepat untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap sepak bola dan terbukti peserta yang mengikuti mencapai seribu anak," ungkapnya.

Panitia festival sepak bola usia dini mengatakan, pihaknya mengundang tim dari sekolah dasar sederajat maupun sekolah sepak bola yang tersebar di Kalsel untuk mengikuti event ini.

"Jumlah anak yang mengikuti festival mencapai 1.000 anak berasal dari 64 tim baik dari sekolah dasar sederajat maupun sekolah sepakbola. Mereka bermain pada 1.004 pertandingan," sebutnya.

Dikatakan, sesuai tujuannya, festival memberikan kegembiraan bagi anak-anak sehingga menumbuhkan semangat dan kecintaan mereka terhadap cabang olahraga khususnya sepak bola.

"Kami ingin mereka gembira dulu, baru setelah itu tertarik sehingga bisa tumbuh kecintaan terhadap sepak bola dan menggelutinya jika sudah dewasa nanti," katanya.

Ditambahkan, festival ini bukan untuk mencari pemenang tetapi lebih dominan membangkitkan kecintaan anak-anak terhadap dunia sepak bola.

"Banyak penghargaan yang diberikan seperti penghargaan tim berkarakter, tim paling bertanggungjawab, fairplay, paling peduli, tim paling jujur serta tim warga Banjarbaru yang baik," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017