Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resort Kotabaru, Kalimantan Selatan, membuat terobosan baru di bidang teknologi informasi yang dinamakan Electronic Command Center (ECC).

"Ini salah satu implementasi Promoter Kapolri, yakni polisi modern. Di antara parameternya adalah terobosan berbasis IT untuk mempermudah tugas di lapangan," kata Kepala Kepolisian Daerah Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana di Kotabaru, Rabu.

Aplikasi ECC yang dapat diunduh gratis melalui playstore sementara hanya dikembangkan untuk internal Polres Kotabaru. Dari 12 fitur di dalamnya, salah satu yang menarik, yakni Panggilan Luar Biasa (PLB).

Dengan sekali klik, setiap anggota dapat saling berbagi informasi suatu kejadian dan memudahkan jika perlu mengerahkan personel dalam jumlah banyak.

Kecanggihan lainnya, aplikasi ini juga dapat memantau titik kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu, ada fitur crime mapping, criminal database, CCTV center, hingga live report.

Seluruh fungsi ini dikendalikan dari ruangan media center Polres Kotabaru yang kini beralih fungsi menjadi ruang ECC.

Ruangan itu diisi tiga unit komputer dan dindingnya dipenuhi sejumlah televisi layar datar.

"Ini jangan hanya jadi seremonial saja, tapi betul-betul diaplikasikan. Pemeliharaannya harus terus berjalan sehingga aplikasi yang sudah dibuat dengan berkorban waktu dan tenaga tidak sia-sia," harap Kapolda.

Tak menutup kemungkinan aplikasi ECC yang dikembangkan Polres Kotabaru akan diadopsi menjadi program Polda Kalsel dan diintegrasikan dengan seluruh Polres di Kalimantan Selatan.

Peluncuran aplikasi berbasis android ini dilakukan di Mako Polres Kotabaru.

Pewarta: I Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017