Solo, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry, menerima piala penghargaan Top 40 Rank Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) Tingkat Nasional tahun 2017, dari Menteri Koordinator Bidang  Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika(Kominfo) HSS, Hendro Martono, di Solo, Jumat   mengatakan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan terpilih 1 dari 40 inovasi lembaga/Pemerintah Daerah, yang menyisihkan 3.014 inovasi Pelayanan Publik se-Indonesia, dan satu-satunya wakil dari Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Inovasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  HSS yang berhasil menembus Top 40 besar tersebut adalah "Telat Berkemas", yaitu Tetap Lestari Berdayakan Kelompok Masyarakat,"katanya.

Ia menjelaskan, "Telat Berkemas" merupakan inovasi yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam wadah Kelompok Pengawasan Masyarakat (Pokwasmas), melestarikan keberlangsungan bibit ikan sungai dan menjaga perairan sungai dan danau di wilayah Kabupaten HSS, dari penangkapan ikan dengan alat yang dilarang Undang-undang (Illegal fishing).

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan, agar masyarakat HSS mensyukuri penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat ini, juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi masyarakat dalam pembangunan, khususnya dalam hal kesadaran pelestarian habitat sungai dan danau di wilayah HSS.

"Kita tidak ambisius untuk mengejar penghargaan demi penghargaan yang akhir-akhir ini beruntun diterima Pemkab HSS, tapi kita hanya berupaya berikan pelayanan terbaik untuk warga HSS, yang ternyata kerja keras kita dihargai Pemerintah Pusat,"katanya.

Menurut dia, Penghargaan ini akan menjadi pendorong semangat dalam bekerja dan berkarya untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten HSS, saat usai menerima penghargaan Top 40 Rank Sinovik 2017, di di Stadion Manahan , Solo,  Provinsi Jawa Tengah, Jum'at (25/8).

Turut berhadir, para menteri kabinet kerja, 11 gubernur, 55 bupati dan wali kota se-Indonesia, 10 Rektor, serta tidak kurang dari 1.500 orang peserta,  acara berlangsung meriah dengan dihibur atraksi Drumband IPDN-Jatinangor dan tari  kolosal dari tuan rumah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017