Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Semua Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan sudah mengembalikan mobil dinas.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Kalimantan Selatan HAM Rozaniansyah mengemukakan itu, Kamis saat bersama wartawan melihat-lihat kumpulan mobil dinas (mobdin) yang sudah dikembalikan tersebut di Banjarmasin, Kamis.

Ia menerangkan, mobdin yang dipinjam-pakai AKD dan fraksi-fraksi di DPRD Kalsel berjumlah 14 buah, yaitu untuk AKD enam dan fraksi-fraksi delapan buah.

"Pengembalian mobdin tersebut seiring pengesagan Raperda tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Kalsel pada rapat paripurna mereka, 23 Agustus 2017," demikian Rozaniansyah.

Kepala Bagian Tata Usaha Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel Zaini menambahkan, pengembalian mobdin tersebut karena mereka akan mendapatkan tunjungan transportasi sebagaimana Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2017.

"Kami mencoba mengonsep atau mengusulkan tunjungan transportasi anggota DPRD Kalsel itu perorang perbulan Rp14 Juta. Tetapi kepastiannya tergantung Peraturan Gubernur (Pergub) nanti," ujarnya.

"Pergub tersebut sebagai tindak lanjut Perda tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Kalsel," demikian Zaini didampingi staf urusan kendaraan dinas pada Setwan itu, Budi.

AKD DPRD Kalsel terdiri Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan, II Bidang Ekonomi dan Keuangan, III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur, Komisi IV Bidang Kesra, serta Badan Kehormatan (BK) dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP Perda).

Sedangkan fraksi pada DPRD Kalsel terdiri Fraksi Partai Golkar beranggotakan 13 orang, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) delapan, serta Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tujuh orang.

Kemudian Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) masing-masing enam orang, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) lima, Partai Demokrat empat, dan Fraksi Perubahan Berhati Nurani (PBN) lima orang.

Untuk Fraksi PBN gabungan dari Partai NasDem tiga dan Hanura dua orang. Sementara di Fraksi Gerindra ada seorang dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang bergabung.

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017