Barabai, (AntaraNews Kalsel) - Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terus berupaya membenahu dan meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat, hal itu untuk mendorong sumber daya manusia yang berkualitas.

Kepala Dinas Perpustakaan HST Mardiono  mengatakan pihaknya berupaya mewujudkan minat baca di kalangan masyarakat dan mempermudah mengakses bahan bacaan atau buku. 

"Kita mengundang pihak sekolah dari tingkat Paud, TK, SD sampai SMA untuk datang ke Perpustakaan Daerah," katanya.

Termasuk mengalokasikan dana untuk memperbaharui kolesksi bacaan baik dari sumbangan pihak ketiga maupun dari pemerintah daerah. 

Selain itu melaksanakan program perpustakaan keliling setiap harinya untuk menjangkau sekolah terpencil dalam rangka membantu mencerdaskan anak dan masyarakat di daerah pedalaman, kata Mardiono.

Menurut Mardiono perpustakaan keliling jadi upaya meningkatkan minat baca karena masyarakat lebih mudah memanfaatkan fungsi perpustakaan sebagai perpanjangantangan perpustakaan daerah HST.

"Buku yang kami siapkan cukup variatif mulai dari majalah anak, surat kabar, buku agama, filsafat, karya umum, ilmu-ilmu sosial, bahasa, sejarah, teknologi terapan dan fiksi," katanya.

Wakil Bupati HST H A Chairansyah saat berkunjung Ke Perpustaan Daerah tersebut langsung berkomunikasi dengan para pengunjung yang kebetulan banyak anak-anak yang sedang mengerjakan tugas sekolah.

"Kami sangat mengapresiasi program-program yang dilakukan oleh perpustakaan dan memiliki kantor baru yang representatif karena berada di tengah Kota Barabai," katanya.

Pewarta: Muhammad Taufik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017