Martapura, 22/8 (Antara) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mendorong peningkatan infrastruktur di daerah baik kabupaten dan kota untuk mempercepat pemerataan pembangunan di seluruh wilayah provinsi setempat.


"Kami terus mendorong agar setiap kabupaten dan kota untuk meningkatkan infrastruktur karena manfaatnya sangat besar bagi seluruh masyarakat," ujarnya di Martapura, Kabupaten Banjar, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan gubernur pada puncak peringatan hari ulang tahun Kabupaten Banjar ke-67 yang dihadiri Bupati Banjar Khalilurrahman dan para bupati/wali kota se Kalsel.

Menurut gubernur, pihaknya sangat mengapresiasi atas perkembangan dan kemajuan pembangunan di Kabupaten Banjar terutama dari aspek penataan lingkungan dan kemajuan infrastruktur.

"Kami mengapresiasi pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah daerah karena membantu masyarakat meningkatkan kesejahteraan melalui kemudahan akses infrastruktur," ujarnya.

Ia mengatakan, pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur baik jalan maupun jembatan seperti yang dilakukan Pemkab Banjar mampu menghubungkan antarkawasan baik desa maupun kota.

"Infrastruktur jalan dan jembatan yang dibangun menjadi penghubung antardesa dan antarkecamatan bahkan hingga antarkabupaten sehingga seluruh akses semakin mudah," ucapnya.

Bupati Banjar Khalilurrahman mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan infrastruktur jalan dan jembatan sehingga makin memudahkan aksesabilitas antarwilayah.

Disebutkan, infrastruktur jalan yang sudah direalisasikan Pemkab Banjar pada 2016 dari total panjang jalan kabupaten 960,39 kilometer, sepanjang 530,16 kilometer dalam kondisi mantap.

"Jalan kabupaten kondisi mantap 530,16 kilometer atau 67,85 persen dari panjang seluruh ruas jalan kabupaten. Capaian itu melampaui target ditetapkan sebesar 67,28 persen," ujarnya.

Disebutkan, ruas jalan yang dibangun seperti jalan alternatif yakni jalan Sungai Lulut-Batas Kota Banjarmasin dan Jalan poros Desa Jalur Utara Kecamatan Aluh-Aluh-Batas Kota Banjarmasin.

Selain itu, pembangunan jembatan di Desa Lok Tangga Kecamatan Karang Intan dan pembangunan jalan menuju Desa Belimbing Baru-Angkipih, Angkipih-Remo yang sudah dapat dilintasi roda empat.

"Kami terus berupaya mewujudkan tiga program strategis sesuai dengan visi-misi Kabupaten Banjar pembangunan infrastruktur, peningkatan layanan kesehatan dan pendidikan," katanya. 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017