Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Bupati Kotbaru H Sayed Jafar mengukuhkan pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang akan bertugas pada detik-detik hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 pada 17 Agustus 2017 di halaman kantor bupati taman siring Laut Kotabaru.
     
Sejumlah nasihat dan wejangan disampaikan bupati pada pengukuhan Paskibra 2017, diantaranya selalu menjaga keteladanan dan kedisplinan.
     
"Mengawali sambutan ini terlebih dahulu saya mengucapkan selamat kepada adik-adik, putra dan putri terpilih untuk menjadi anggota Paskibra Kabupaten Kotabaru tahun 2017," kata Sayed Jafar, Rabu.
     
Bupati meyakini, terpilihnya mereka menjadi anggota paskibra karena memiliki keistimewaan, bukan hanya sebagai pasukan pengibar bendera pada upacara peringatan hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-72 ini, akan tetapi juga karena mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral serta tentunya memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.
     
"Kalian adalah putra-putri yang telah mendapatkan kepercayaan dan kehormatan untuk mengemban tugas yang membanggakan ini serta telah mengikuti proses seleksi pelatihan dan persiapan yang baik," ujarnya.
     
Untuk itu bupati berharap semua anggota paskibra dapat melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Jangan lupa berdoa kepada Allah SWT, agar tugas yang mulia ini dapat kalian laksanakan dengan sebaik-baiknya.
     
"Pesan saya teruslah kalian belajar untuk menjadi manusia Indonesia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teruslah kalian beribadah dan mengembangkan sikap dan perilaku yang relijius, agar kalian memiliki budi pekerti yang luhur," tutur Sayed.
     
Ia juga mewanti-wanti agar semua anggota Paskibra untuk terus berlatih, berolahraga dan mempertahankan kesehatan dan kekuatan jasmani sehingga akan tumbuh menjadi putra-putri bangsa yang sehat dan kuat jasmani dan rohani.
     
Selain itu, bupati juga berpesan agar anggota Paskibra tersus mengembangkan nilai-nilai yang membangun kerukunan, kebersamaan, keharmonisan di antara sesama putra-putri Indonesia, di antara sesama bangsa Indonesia, mengembangkan jiwa patriotisme yang sangat mencintai tanah airnya.
     
"Dengan terpilihnya kalian menjadi anggota paskibra ini hendaknya juga dapat menjadi modal bagi kalian untuk menambah motivasi, menambah tekad dan menambah semangat kalian untuk terus mengembangkan diri menjadi putra-putri bangsa yang unggul di masa depan," jelas bupati.
     
Sebelum mengakhiri sambutannya, bupati mengharapkan kepada anggota Paskibra agar mampu memberi pengaruh positif baik di lingkungan tempat tinggal masing-masing maupun dalam pergaulan di masyarakat.
     
"Tidak lupa pula saya mengucapkan terima kasih kepada para orang tua anggota Paskibra yang telah memberikan dorongan dan motivasi kepada anak-anaknya sehingga diharapkan mampu mengemban tugas sebagai anggota paskibra pada puncak peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2017 ini," ungkap bupati.
     
Bersamaan itu, kepada para pembina, pembimbing dan pelatih, ia ucapkan terima kasih atas segala usaha serta kesabaran dalam membimbing putra-putri terbaik Kabupaten Kotabaru selama proses latihan.
     
Dan kepada pihak sekolah juga menucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan pada anak-anak anggota paskibra, semoga mereka bisa menjadi teladan bagi siswa-siswi lainnya.
   

Pewarta: Humas/shohib

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017