Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1007/Banjarmasin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengikuti doa bersama yang akan digelar serentak di Banjarmasin.

"Kami mengimbau seluruh lapisan masyarakat agar bisa mengikuti doa bersama yang digelar di sejumlah tempat ibadah di Banjarmasin," kata Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Wilson Napitupulu di Banjarmasin, Senin.

Dia mengatakan, acara yang diprakarsai Korem 101/Antasari dan dilaksanakan oleh jajaran Kodim itu dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Republik Indonesia.

"Doa bersama semua agama itu mengangkat tema Untuk Indonesia Lebih Kasih Sayang," ucap perwira menengah yang pernah menjabat sebagai Komandan Batalyon Raider 600 itu.

Doa bersama itu mengambil tajuk 171717 yang berdasarkan waktu pelaksanaan yang digelar tanggal 17 Agustus pukul 17.00 WITA tahun 2017.

Untuk umat muslim, doa bersama digelar di 40 masjid di antaranya Masjid Sultan Suriansyah, Masjid Al Anshor, Masjid Imam Syafei, Masjid Al Muttaqin, Masjid Suhada dan Masjid Al Haaq.

Sedangkan Agama Kristen Protestan di Gereja GKE Eppata Banjarmasin. Sementara Agama Katolik di Gereja Hati Yesus Yang Maha Kudus, Gereja Katedral Keluarga Kudus dan Gereja ST Perawan Maria Yang Terkandung Tanpa Noda.

Bagi pemeluk Agama Budha di Vihara Dhammasoka. Agama Hindu di Pura Jagat Natha serta di Kelenteng Soetji Nurani untuk pemeluk Agama Konghucu.

"Untuk pusat acara difokuskan di siring depan Balaikota Banjarmasin yang dihadiri serentak lintas agama," tutur Dandim di dampingi Pasi intel Kodim 1007/Banjarmasin Kapten Inf Lilis Susanto.

Adapun tujuan doa bersama itu, ucap Dandim, untuk mendoakan kepada arwah para pahlawan, kemudian sebagai ucapan syukur telah menikmati kemerdekaan hingga 72 tahun.

Selain itu acara tersebut juga untuk mendoakan agar Indonesia terus berkasih sayang, sehingga tercipta kerukunan antara umat beragama dan menjadikan bangsa ini aman serta kondusif. 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017