Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, mendukung pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui Kementerian Kesehatan RI dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat secara mandiri.

Wakil Ketua DPRD Kotabaru M Arif usai mendampingi rombongan Komisi III dalam rangka konsultasi di Kementerian Kesehatan RI, Kamis, mengatakan sangat menyambut baik mulai dikapanyekannya Germas oleh pemerintah.

"Germas merupakan satu gerakan positif dalam usaha menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan cara membudayakan hidup sehat dan kebersihan lingkungan," kata Arif.

Dijelaskannya, target dan sasaran Germas adalah menyeluruh bagi masyarakat, baik instansi pemerintah, swasta, dari tingkat pemerintahan pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga ke pelosok desa.

Melihat besarnya manfaat gerakan ini bagi kesehatan masyarakat, Arif mendukung dalam pengkampanyean Germas, dilakukan secara menyeluruh bahkan di tingat desa dan kelurahan dengan melibatkan segenap elemen masyarakat.

"Bahkan bila perlu harus disosialisasikan secara masimal, mengenai pendanaannya bisa memanfaatkan dana desa," ungkap Arif.

Mengenai payung hukum atas kebijakan tersebut, politisi Partai PPP ini siap menyampaikan kepada legislatif untuk dibuatkan perundang-undangan berupa peraturan daerah (Perda), agar dalam pelaksanannya tidak bermasalah secara hukum.

Hal ini merupakan kebijakan penting karena sangat berdampak besar bagi masyarakat, bahkan secara formal sebagai implementasi dari instruksi presiden (Inpres) No1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Sehat.

Diketahui, permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat ditambah sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai di beberapa tempat.

Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah bila fokus upaya kesehatan diutamakan pada upaya preventif dan promotif dalam menumbuh-kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Germas dilakukan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif masyarakat. Tujuannya antara lain, Menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan. Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk.

Selain itu untuk menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Prinsip gerakan ini yaitu Kerjasama Multisektor. Keseimbangan masyarakat, keluarga dan individu. Pemberdayaan masyarakat.

Germas juka ditujukan sebagai Penguatan sistem kesehatan, Pendekatan siklus hidup, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan berfokus pada pemerataan layanan

Dilansir dari situs Kementerian Kesehatan RI, gerakan ini akan dimulai dengan 3 fokus kegiatan, yaitu meningkatkan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta deteksi dini penyakit tidak menular (PTM).

Kebijakan lainnya adalah Program Keluarga Sehat melalui pendekatan keluarga, dilaksanakan oleh Puskesmas yang mempunyai ciri-ciri, Sasaran utama adalah Keluarga.

Diutamakan Promotif dan Preventif, disertai penguatan upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM). Kunjungan rumah secara aktif untuk peningkatan outreach dan total coverage dan Pendekatan siklus kehidupan atau life cycle approach.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017