Barabai, (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) kembali meraih penghargaan Anugerah Adipura untuk kelima kalinya saat peringatan Hari Lingkungan Hidup di Auditorium Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Jakarta Rabu (2/8).

Penghargaan Adipura dengan kategori Kota Kecil yang bersih tersebut diserahkan langsung oleh Menteri  LHK Siti Nurbaya Bakar kepada Wakil Bupati HST H A Chairansyah dan disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Menurut Presiden, orang Indonesia dari dulu sudah bergantung dan menyatu  dengan alam, sehingga alam seakan menjadi identitas penting bagi Indonesia.

"Terkait lingkungan kami menilai masih banyak daerah-daerah yang sembarangan dalam pemberian perizinan, sehingga dapat merusak lingkungan hidup dan tidak memberi manfaat bagi masyarakat," Katanya.

Jokowi menginginkan setiap daerah harus melakukan terobosan dan tidak monoton, serta harus dirumuskan agar pengelolaan hutan betul-betul secara konsisten dapat dikerjakan dan hasil ekonomi serta lingkungan hidupnya dapat dinikmati.

"Kami sangat mengapresiasi kepada seluruh daerah dan kepala daerahnya yang konsisten menjaga lingkungannnya, agar terus asri dan cermat dengan kegiatan-kegiatan yang justru merugikan masyarakat setempat," katanya.

Wakil Bupati HST H A Chairansyah mengatakan,  kebijakan pemerintah pusat seperti apa yang dikatakan Presiden sangat selaras dengan Kebijakan Kabupaten HST di bawah Kepemimpinan H Abdul Latif yang konsisten menjaga lingkungan dengan tidak memberikan izin pertambangan batu bara dan perkebunan sawit.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan koordinasi yang baik kepada seluruh stakeholder di jajaran Pemkab HST, Pasukan Kuning dan khususnya kepada seluruh elemen masyarakat dalam upaya menjaga kebersihan di kota Barabai,"katanya.

Peraih Adipura kategori kota kecil ini, lanjut Chairansyah, tidak hanya diberikan kepada kota yang dianggap sukses mengelola penghijauan dan kebersihan saja.

Barabai layak mendapat Piala Adipura untuk kategori kota kecil karena dinilai mampu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan lingkungan hidup. 

"Kami berharap peraihan piala adipura ini hendaknya tidak cukup sampai disini saja yang terpenting dari penghargaan adalah bisa terus memotivasi semua masyarakat untuk menjaga kebersihan minimal di lingkungan disekitarnya," terangnya.

Pewarta: Muhammad Taufik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017