Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolsekta Banjarmasin Tengah yang baru saja dijabat oleh Kompol Wahyu Hidayat SIK berjanji akan fokus dan berupaya untuk menurunkan angka kriminalitas.

"Yang paling penting tentunya bisa menjaga situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polsekta Banjarmasin Tengah tetap terjaga kondusif dengan menekan tindak kriminalitas," kata Wahyu di Banjarmasin, Rabu.

Hal itu dikatakan Wahyu kepada wartawan Antara usai resmi mengemban amanah sebagai Kapolsekta Banjarmasin Tengah dalam upacara serah terima jabatan di Rupatama Polresta Banjarmasin menggantikan Kompol H Uskiansyah yang selanjutnya bertugas menjadi Kasubaganev Bagbinopsnal Direktorat Sabhara Polda Kalsel.

Wahyu mengakui, menjadi Kapolsekta Banjarmasin Tengah merupakan tantangan tersendiri baginya.

Menurut dia, karena letaknya di tengah kota Banjarmasin yang sangat padat aktivitas masyarakatnya, tentu banyak permasalahan yang kompleks di masyarakat.

Mulai dari penyakit masyarakat, Curanmor, sampai Narkoba tentunya menjadi tantangan Kapolsek Banjarmasin Tengah agar bisa mengatur anggota guna melaksanakan berbagai kegiatan antisipasi tindak pidana.

"Antara kegiatan preemtif seperti sambang ke tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat serta penyuluhan ke sekolah-sekolah dengan kegiatan preventif seperti patroli rutin dan dialogis serta tindakan represif harus seimbang semuanya," tutur Wahyu.

Bukan itu saja, perwira lulusan Akpol angkatan 2005 itu juga mengatakan kegiatan patroli dalam rangka pencegahan adanya aksi kriminilitas bakal ditingkatkan pada jam-jam rawan kejahatan.

Perwira yang akrab dengan awak media itupun memastikan segala kebijakan Kapolsek lama yang sudah bagus akan dia teruskan.

"Tentunya saya mohon bimbingan Kapolresta Banjarmasin dan segala tindakan yang diambil berdasarkan petunjuk dan arahan beliau sebagai pimpinan," ujar Perwira yang pernah menjabat Kabag Ops Polres Banjarbaru dan Kabag Ops Polres Tanah Laut itu.

Sementara itu dalam Sertijab yang langsung dipimpin Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Anjar Wicaksana, turut pula diserahterimakan juga jabatan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Polresta Banjarmasin Kompol Muhammad Fihim kepada Kompol Susilawati.

Pada kesempatan itu, Anjar berpesan agar pejabat yang baru bisa segera beradaptasi dan dapat mempertahankan segala prestasi kinerja yang telah dibuat oleh Kapolsek terdahulu.

Kapolresta Banjarmasin juga mengucapkan terima kasih kepada Kompol Uskiansyah dan Kompol Moch Fihim yang telah mengabdi dan memberikan yang terbaik selama menjabat Kapolsek di jajaran Polresta Banjarmasin. 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017