Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - PT Pelindo III Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terus berupaya mengembangkan beberapa pelabuhan di provinsi ini antara lain Pelabuhan Kotabaru dan Tanah Bumbu untuk mendukung peningkatan pelayanan dan pertumbuhan ekonomi daerah.

General Manager Pelindo III Banjarmasin Fariz Hariyoso di Banjarmasin, Kamis mengatakan, pengembangan pelabuhan di daerah sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sekaligus meningkatkan pelayanan bagi masyarakat maupun investor.

"Kita akan terus berupaya meningkatkan pelayanan bongkar muat barang dan pengiriman berbagai komoditas antarpulau, provinsi bahkan ke berbagai negara," katanya.

Pengembangan pelabuhan Kotabaru dan Batulicin tersebut, mampu mengurangi antrian arus bongkar muat di pelabuhan trisakti Banjarmasin.

Selain itu, juga mengurangi distribusi kebutuhan pokok antarprovinsi juga bisa langsung dilakukkan di dua kabupaten tersebut.

Saat ini pemerintah juga sedang membangun pelabuhan Swarangan Kabupaten Tanah Laut, untuk memudahkan proses pengangkutan berbagai komoditas ekspor yang dihasilan daerah ini.

Selain mengembangkan pelabuhan, PT Pelindo III, juga terus melengkapi fasilitas pelabuhan dengan berbagai peralatan canggih, yang mampu mendorong kecepatan bongkar muat barang dari kapal ke angkutan yang telah disiapkan.

Menurut Fariz, untuk mendukung aktivitas bongkar muat saat ini pihaknya telah memiliki container crane (CC) sebanyak 6 unit, rubber tyred gantry cranes (TRG) sebanyak 16 unit dan akan ditambah 6 unit yang di datangkan dari Semarang pada akhir tahun ini.

"Selain itu, kita juga menambah beberapa alat pendukung bongkar muat lainnya, untuk memperlancar waktu penurunan barang," katanya.

Penambahan alat bongkar muat tersebut, untuk mengimbangi arus bongkar muat di Trisakti, yang setiap tahunnya semakin meningkat, mencapai rata rata diatas 30 ribu boks perbulannya.

Seiring pertumbuhan ekonomi Kalsel, saat ini menempatkan Pelindo III Banjarmasin termasuk pelabuhan yang cukup padat di Indonesia.

Pewarta: Herry Murdi Hermawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017