Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Dua unit bus yang disiapkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, untuk pemudik Lebaran 1438 Hijriah yang tidak kebagian angkutan umum dan menumpuk di terminal, akhirnya tidak terpakai.

"Alhamdulillah, semua penumpang arus balik bisa dilayani dengan bus reguler, sehingga dua buah bus yang kita siapkan tidak terpakai," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Nurvisa, di Kotabaru, Rabu.

Dikatakan, selain cukup terlayani dengan angkutan umum reguler, sebagian pemudik diprediksi juga menggunakan mobil pribadi, sehingga mereka tidak perlu lagi angkutan umum cadangan.

Nurvisa memprediksi puncak arus mudik di Kotabaru terjadi pada H-2 dan H-1, sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H+ dan H+6 Lebaran.

Karena hari-hari itu menjelang PNS masuk kerja, dan anak-anak sekolah bersiap-siap untuk masuk sekolah kembali seperti biasa.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Kotabaru, menyiapkan dua buah bus di Terminal induk Stagen, untuk mengantisipasi penumpukan penumpang di terminal karena tidak mendapatkan angkutan umum.

Ia menjelaskan, agen transportasi sewaktu-waktu bisa berkoordinasi dengan kepala terminal apabila mau memerlukan bus cadangan untuk mengangkut penumpang mudik.

Nurvisa meminta Kepala Terminal sigap apabila sewaktu-waktu terjadi penumpang penumpang yang tidak bisa diangkut oleh angkutan umum, dan segera berkoodinasi dengan para agen.

Pewarta: I Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017