Kotabaru,  (Antaranews Kalsel) - Perusahaan swasta pelayaran PT Dharma Lautan Utama Cabang Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, selama musim mudik Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah telah mengangkut delapan trip penumpang tujuan Surabaya dan Makassar.

"Pemberangkatan Jumat (23/6) merupakan trip kedelapan dan yang terakhir sepanjang bulan Ramadhan 1438 Hijriah," kata Manajer PT Dharma Lautan Utama Cabang Batulicin Saleh, di Batulicin, Sabtu.

Dia menjelaskan, angkutan lebaran 2017 PT Dharma Lautan Utama menambah satu armada untuk rute Surabaya.

"Untuk pemberangkatan terakhir, jumlah penumpang yang diangkut sekitar 700 orang, ujarnya.

Meski belum ada evaluasi secara keseluruhan, pihaknya mencatat ada sedikit kenaikan jumlah pemudik tahun ini. Hal itu seiring dengan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tanah Bumbu dan sekitarnya yang mulai membaik.

"Dari sisi jumlah sepertinya ada peningkatan dibanding angkutan lebaran tahun sebelumnya. Mudah-mudahan ini menjadi sinyal yang baik, artinya perkembangan ekonomi mulai pulih, karena kita tahu perkebunan sawit di Tanah Bumbu mulai diperluas lahannya," papar Saleh.

Selain ke Surabaya, PT DLU juga memberangkatkan pemudik tujuan Makassar. Sepanjang Ramadhan tadi, jadwal reguler kapal tujuan Makassar yang semula hanya satu minggu sekali juga ditambah menjadi dua kali seminggu.

Disinggung pelayanan khusus untuk pemudik, sama seperti tahun-tahun lalu operator kapal memberikan prioritas kepada ibu dan balita serta penumpang usia lanjut dengan menyediakan ruangan terpisah.

"Khusus untuk ibu-ibu, anak-anak usia di bawah lima tahun, dan penumpang usia lanjut, kami siapkan ruangan khusus yang terpisah dari penumpang umum," katanya.

Pewarta: I Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017