Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama tim gabungan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membangun posko dan dapur umum untuk membantu para korban banjir di Kecamatan Satui.

"Posko yang dibangun tim terdiri atas tempat penampungan sementara, dapur umum, pelayanan kesahatan, penerima bantuan dan pelaporan," kata Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu Eka Saprudin di Batulicin, Kamis.

Dikatakan, posko yang dibangun di sekitar lokasi banjir sebanyak tiga unit yang terdiri dari satu unit milik pemda, satu unit dibangun desa, dan satu unit dibangun swasta.

"Tujuannya untuk memudahkan para korban memanfaatkannya," tambahnya.

Dijelaskan, bencana banjir di Desa Sungai Danau, Sinar Bulan, Satui Timur, Jombang, Satui Barat dan Sejahtera Mulia terjadi pada Senin (19/6) akibat hujan deras.

"Jumlah rumah yang terendam banjir di enam desa tersebut sekitar 2.000 unit rumah atau 3.164 kepala keluarga, ketinggian air hingga dua meter," tutur dia.

Pemkab Tanah Bumbu menetapkan tanggap darurat bencana banjir selama tujuh hari.

Status tanggap darurat bencana banjir di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu berdasarkan hasil kaji cepat dari tim yang bertugas di lapangan.

Status keadaan tanggap darurat bencana banjir di Kecamatan Satui terhitung sejak tanggal 20-26 Juni 2017.

"Sejauh ini, Pemkab Tanah Bumbu sudah melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman terhadap para korban banjir yang rumahnya terendam, debit air saat ini sudah turun di bawah satu meter dari ketinggian awal yang mencapai dua meter," paparnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017