Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Membludaknya peserta arakan tanglong di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan membuat panitia menambah jumlah hadiah doorprize yang semula hanya lima buah televisi menjadi 30 tv ukuran 21 inch.


Camat Amuntai Tengah Rahman Heriadi di Amuntai, Rabu mengatakan,  semua hadiah dianggarkan melalui DPA Bagian Kesra Setda Hulu Sungai Utara (HSU).

"Semua hadiah murni dari DPA Bagian Kesra, tidak ada bantuan pihak sponsor," ujar Rahman.

Rahman mengatakan, pengundian hadiah doorprize dilakukan Rabu pagi di Aula Kantor Kecamatan Amuntai Tengah akibat pelaksanaan parade tanglong yang batal akibat Kota Amuntai diguyur hujan.

Kepala Bagian Kesra HSU, H. Jahri mengatakan berdasarkan hasil rapat koordinasi pihak panitia semula diputuskan jumlah hadiah doorprize sebanyak lima buah televisi.

"Tapi karena mengingat banyaknya jumlah peserta tanglong kita tingkatkan jumlah hadiahnya menjadi 30 buah televisi ukuran 21 inch," terang Jahri.

Jahri mengatakan, pengundian doorprize untuk memberi semangat pada peserta agar menampilkan arakan tanglong yang menarik serta berisi syiar Islam terkait Peringatan Nuzulul Qur'an. Pemda juga membantu dana untuk tiap group peserta uang sebesar Rp500 ribu.

Pelaksanaan parade tanglong pada Selasa (20/6) malam berlangsung sangat meriah khususnya karena maraknya aktivitas kembang api dan petasan yang dilakukan sejumlah warga.

Sayangnya kemeriahan malam arakan tanglong yang hampir mirip malam perayaan tahun baru ini tidak berlangsung lama akibat turunnya hujan lebat yang mengguyur Kota Amuntai dan sekitarnya.

Bahkan para peserta tanglong tidak sempat melakukan parade menyusuri rute yang direncanakan, para peserta arakan tanglong terpaksa membubarkan diri karena hujan terus berlangsung hingga tengah malam.

Warga Amuntai, Fitri mengaku kecewa karena dirinya sangat menantikan acara yang hanya berlangsung satu kali dalam setahun di Bulan Ramadan.

Untungnya Fitri dan temannya masih sempat melihat deretan arakan tanglong yang beraneka macam bentuknya serta adanya pertunjukan kembang api pada malam itu.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017