Amuntai, (Antaranews.Kalsel) -Panitia Parade Tanglong Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan menyediakan hadiah doorprize bagi peserta tanglong agar menampilkan aksi menarik dan sesuai tema Peringatan Nuzulul Qur'an.


Wakil ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) H. Jahri di Amuntai, Selasa mengatakan, Parade tanglong yang dilaksanakan Selasa (20/6) malam akan menyediakan hadiah doorprize berupa 5 buah televisi ukuran 21 inch. Namun tidak semua peserta bisa ikut penilaian doorprize melainkan yang dinilai memenuhi syarat oleh juri.

"Selain penampilan arakan yang menarik, juga harus sesuai dengan tema Ramadan dan Nuzulul Qur'an serta menampilkan bernuansa Islami," ujar Jahri.

Jahri yang juga Kepala Bagian Kesra Setda Hulu Sungai Utara ini mengatakan, tujuan pemberian hadiah doorprize untuk menambah semangat peserta menampilkan aksi dan penampilan menarik dalam rangka memeriahkan Peringatan Nuzulul Qur'an.

Jumlah peserta, terangnya, terpaksa dibatasi hanya 150 peserta/group yang berhak mendapatkan bantuan dana dari panitia sebesar Rp500 ribu per group, sisanya yang terlambat mendaftar terpaksa mendanai sendiri atau mencari pihak sponsor.

Menurut Jahri, antusias masyarakat Kabupaten HSU cukup besar menantikan parade tanglong yang dilaksanakan setiap Ramadan dalam rangka memperingati Nuzulul Qur'an.

"Bahkan warga HSU yang merantau ke daerah lain, bisa pulang kampung sekedar melihat arakan tanglong," katanya.

Maraknya aktivitas kembang api dan petasan yang mengiringi kegiatan parade tanglong ini tidak bisa dihindari, pihaknya bekerja sama dengan aparat kepolisian dan satpol PP bertugas mengawasi agar kegiatan kembang api jangan sampai membahayakan warga lainnya.

Aparat juga mengawasi peserta agar bubar usai kegiatan parade tanglong
, dikhawatirkan beberapa peserta terus berlanjut melaksanakan kegiatannya hingga larut malam dengan alasan 'bagarakan' sahur, karena dikhawatirkan mengganggu istirahat warga lainnya.

Jahri mengungkapkan, ada hal yang menarik dari kegiatan parade tanglong di Kabupaten HSU kali ini yakni keikutsertakan satu group wanita untuk ikut parade yang pada tahun sebelumnya tidak pernah terjadi.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017