Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Muhammad Rustam dan Sekretaris I PKK Provinsi Kalimantan Selatan Hj Juairiah saat menghadiri Sosialisasi HATINYA (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) Sosialisasi tentang KARKAS ASUH (Aman Sehat Utuh dan Halal) PKK di Aula Linggangan Intan DPRD Banjarbaru, Rabu

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru hj Ririen Nadjmi Adhani menyampaikan agar ibu-ibu Pengurus PKK Kecamatan dan Kelurahan serta pengurus PKK se Kota Banjarbaru dapat menjadi contoh dalam memasyarakatkan Pemanfaatan lahan pekarangan untuk menciptakan Halaman Asri Tertib dan Nayaman yang dikenal dengan Hatinya PKK, serta untuk lebih memantapkan pelaksanaan Program PKK.

Dimana Hatinya PKK merupakan suatu gerakan masyarakat implementasinya dengan memanfaatkan halaman di sekitar rumah dengan tanaman pangan dan tanaman produktif, keras atau bernilai ekonomis tinggi, minimal untuk memenuhi keperluan dan tabungan keluarga serta meningkatkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA), tanaman hias yang berfungsi untuk keindahan dan kenyamanan rumah.

Hatinya PKK dapat terwujud melalui sarana Gotong Royong seluruh keluarga dengan mengoptimalkan  Tanaman Pangan yang produktif  yang nantinya dapat Bernilai Ekonomi Tinggi serta dapat juga digunakan Sebagai Tabungan.

Untuk mewujudkan itu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani mengajak para peserta sosialisasi untuk membentuk Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dimana tujuannya adalah untuk meningkatkan ketersediaan dan cadangan pangan , meningkatkan keaneka ragaman pangan, meningkatkan pendapatan keluarga, meningkatkan kualitas gizi keluarga, dan menumbuhkan ekonomi kreatif di wilayahnya.

Pada kesempatan itu juga disampaikan tentang Sosialisasi tentang KARKAS yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH) penting dilakukan dikarenakan kebanyakan masyarakat kurang memahami bahwa kualitas daging yang akan dikonsumsi harus diperhatikan karena banyak penyakit yang dapat terjadi akibat mengkonsumsi daging yang tidak higienis.

Daging ayam merupakan daging yang relative murah dibandingkan dengan daging yang lain ( Daging sapi, kerbau dan kambing) sehingga banyak dikonsumsi oleh masyarakat dari tingkat atas sampai tingkat bawah.

Daging ayam yang aman, sehat, utuh dan halal adalah daging yang diharapkan oleh semua konsumen,karena dari berbagai aspek daging ayam yang ASUH terjamin jika dikonsumsi oleh masyarakat.

Pengertian ASUH yaitu aman, tidak mengandung residu bahan kimia yang dapat menyebabkan penyakit atau mengganggu kesehatan manusia.

Sehat, memiliki zat-zat yang berguna bagi kesehatan dan pertumbuhan. Utuh, tidak dicampur dengan bagian lain dari hewan tersebut atau bagian hewan lain. Halal,dipotong dan ditangani sesuai dengan Syariat Agama Islam.

Dan juga bagimana cara mengetahui ciri-ciri karkas daging ayam sehat yaitu kulit berwarna putih bersih dan mengkilat dan tidak dijumpai memar, bau spesifik daging ayam, pembuluh darah diseluruh tubuh tidak terlihat.

Serabut otot berwarna agak pucat bekas tempat pemotongan dileher regangannya besar dan tidak merata, konformasi sempurna dan tidak dijumpai cacat, dijual pada tempat-tempat yang memakai pendingin dan penutup, bersih dari kotoran, dan tidak dijumpai bulu jarum padakarkas atau daging ayam.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017