Banjarmasin (Antaranews Kalsel ) - PT Pelindo III Banjamasin, Kalimantan Selatan mengantisipasi lonjakan pemudik kapal antara lain dengan melakukan koordinasi dengan operator kapal tentang kemungkinan adanya penambahan kapal  terutama saat H-7 Idul Fitri 1438 hujriah.


GM Pelindo III Banjarmasin Fariz Hariyoso di Banjarmasin Selasa mengatakan, tahun ini diperkirakan jumlah arus mudik yang melewati Pelabuhan Trisakti Banjarmaisn akan bertambah minimal tiga persen dari jumlah pemudik tahun sebelumnya.

"Pada 2016 arus mudik melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin menuju Surabaya mencapai sepuluh ribu penumpang, diperkirakan tahun ini akan meningkat sekitar tiga persen," katanya.

Mengantisipasi hal tersebut, tambah dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak operator kapal agar menyiapkan  kapal cadangan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan dari total kapal yang beroperasi saat ini sebanyak sembilan kapal.

Sementara itu, kendati lebaran masih sekitar setengah bulan lebih, kini arus mudik di Trisakti mulai terlihat. Ratusan pemudik dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan, mulai memadati pelabuhan.

Menurut Fariz menghadapi arus mudik lebaran tahun ini, Pelindo III juga telah menyiapkan beberapa fasilitas tambahan, seperti tempat bermain anak, menambah bangku di ruang tunggu penumpang, tempat layanan kesehatan, Posko keamanan, dan berbagai hal yang menyangkut kebutuhan para pemudik.

Beberapa penumpang kapal mengatakan saat ini pelayanan di pelabuhan sudah cukup bagus, baik itu fasilitas di terminal penumpang hingga pelayanan di dalam kapal.

Salah seorang penumpang kapal, Mariatun mengatakan, memilih mudik cepat sebelum lebaran, untuk menghindari penumpukan penumpang dan lonjakan harga tiket kapal seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, tambah dia, mudik dengan kapal, jauh lebih irit dibanding dengan menggunakan pesawat. Saat ini harga tiket pesawat juga mulai melonjak tajam dibanding hari biasanya.

Selain itu, tambah dia, fasilitas pelabuhan kini juga cukup baik, bukan hanya bersih dan aman, tetapi pelayanan yang diberikan juga tambah profesional, seperti pelayanan di bandara.

Sebagaimana di ketahui, Pelindo III Banjarmasin, terus berupaya membenahi berbagai infrastruktur untuk meningkatkan pelayanan dan kelancaran arus mudik idul fitri 1438 hijriah.

Bukan hanya pelayanan di pelabuhan, tetapi juga pelayanan penjualan tiket, yang sudah bisa dibeli secara on line, sehingga penumpang tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke loket penjualan tiket kapal di Pelabuhan seperti tahun sebelumnya.

Penjualan tiket on line tersebut, selain memudahkan penumpang, juga untuk menghindari penumpukan penumpang kapal laut sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017