Martapura (Antaranews Kalsel) - Puluhan penumpang bus selamat dalam tabrakan dengan sebuah truk kontainer di ruas Jalan Jenderal Ahmad Yani Km 68 Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (31/5) pagi.


Kepala Kepolisian Resor Banjar AKBP Takdir Mattanete melalui Kasat Lantas AKP Andhika Aris Prasetya di Martapura, Rabu mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden Rabu sekitar pukul 05.30 Wita itu.

"Kecelakaan melibatkan sebuah bus yang mengangkut 20 orang penumpang dengan truk kontainer. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu," ujar kasat lantas.

Ia mengatakan, pihaknya memproses kecelakaan lalu lintas yang melibatkan Bus Pulau Indah KT 7025 AK yang datang dari Kaltim dengan truk kontainer KT 8185 MC tujuan Hulu Sungai, Kalsel.

Dijelaskan, pemeriksaan dilakukan terhadap dua pengemudi kendaraan besar yakni sopir M Jailani dan sopir truk Isransyah yang mengalami luka ringan di tangan dan dahi.

"Kami juga sudah minta keterangan salah seorang penumpang bus yang mengetahui kejadian itu. Soal siapa yang salah dalam insiden kecelakaan ini masih dalam penyelidikan," ungkapnya.

Dikatakan, kecelakaan yang hampir merenggut puluhan nyawa penumpang bus antarprovinsi itu berawal saat kedua kendaraan melintas di lokasi kejadian subuh menjelang pagi hari.

Keterangan sopir bus, dirinya tidak bisa menguasai kendaraan setelah dari arah depan searah ada sepeda motor tanpa lampu belakang sehingga sopir membanting stir ke kanan.

Sementara dari arah berlawanan meluncur bus milik PO Pulau Indah mengangkut 20 orang penumpang menuju Kota Banjarmasin sehingga menabrak sisi kanan truk kontainer.

"Tabrakan itu membuat bagian depan sisi kanan kedua kendaraan rusak cukup berat dan sopir truk mengalami luka ringan, sedangkan sopir bus dan seluruh penumpang selamat," ujarnya.

Kapolsek Simpang Empat AKP Wahyu Ismoyo menambahkan, penyebab laka lantas karena pengemudi truk berusaha menghindari tabrakan dengan sepeda motor tetapi justru tabrakan dengan bus.

"Seluruh penumpang selamat, tidak ada yang luka tetapi sebagian besar mengalami shock setelah tabrakan itu. Kasusnya juga sudah ditangani petugas satlantas," kata kapolsek. 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017