Balangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, H Ansharuddin terus mengupayakan berbagai pembangunan demi meningkatkan Sumber Daya Manusia di "Bumi Sanggam" julukan dari kabupaten yang berusia 14 tahun tersebut.

Disampaikan H Ansharuddin, Sabtu (27/5) kepada Antara, selain masih mengupayakan agar berdirinya Sport Centre, Taman Budaya, Pabrik Karet dan Gedung Wartawan cepat terealisasi, kini dirinya juga masih melakukan lobi agar di Balangan dapat berdiri Institut Ilmu Kesehatan.

"Selama ini banyak dari lulusan kesehatan masih berstatus Diploma, dan ketika mereka ingin meraih titel sarjana, mereka harus keluar daerah, karena untuk wilayah Kalimantan Selatan bahkan Kalimantan sendiri, Institut Ilmu Kesehatan belum ada," jelasnya.

Kita berharap, jika Institut Ilmu Kesehatan ini bisa berdiri di Balangan, maka warga Balangan bahkan warga kabupaten berdekatan seperti Hulu Sungai Utara, Tengah, Selatan dan Tabalong, dapat  melanjutkan pendidikan Sarjana Ilmu Kesehatan lebih dekat.

Beberapa waktu lalu jelas Bupati Balangan, pihak Kopertis Banjarmasin telah menghubungi dirinya, bahkan  lima Bupati dari kabupaten berdekatan juga telah mendukung, agar Institut Ilmu Kesehatan bisa di bangun di Balangan.

"Tentunya ini perlu kajian dan penelitian serta hal-hal yang perlu dipersiapkan, bukan hanya dengan berkehendak lalu Institut Ilmu Kesehatan bisa dibangun semau kita," katanya.

Menurut Bupati, saat ini upaya untuk wujudkan harapan tersebut sedang terus diproses dan diharapkan dengan dukungan seluruh warga Bumi Sanggam,  secepatnya  cita-cita tersebut  akan terlaksana.

Jika Institut Ilmu Kesehatan berdiri di Balangan, maka akan  menjadi satu-satunya di Kalimantan Selatan bahkan Kalimantan yang memiliki Institut tersebut.

Sudah ada beberapa dosen dari luar pulau yang bersedia mengabdi di Institut Ilmu Kesehatan yang direncanakan tersebut.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017