Balangan, (Antaranews Kalsel) - Desa Mantimin, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan, menjadi wakil kabupaten yang berjuluk "Bumi Sanggam" dalam ajang lomba desa se Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2017.

Dikatakan Bupati Balangan, H Ansharuddin, keberhasilan yang diraih Desa Mantimin, dalam lomba desa tingkat Kabupaten Balangan, merupakan wujud keberhasilan pemerintahan desa berserta warga masyarkatnya.

Baik dalam meningkatkan seluruh aspek kehidupan bermasyarakat dan pembangunan desa, sarana dan prasarana, baik sarana desa, pendidikan dan kesehatan, serta peningkatan kualitas ekonomi desa.

"Oleh karenanya, Desa Mantimin, Kecamatan Batumandi ini kami pandang layak untuk mewakili Kabupaten Balangan dalam penilaian lomba desa dan keluarahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2017," ujarnya.

Desa, lanjut Bupati Balangan, H Anshasruddin, merupakan entitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.
 
Terkait dengan itu kita pun memahami, bahwa seluruh kegiatan pembangunan yang berlangsung di desa, korelasinya dengan upaya percepatan capaian pembangunan, diarahkan pada upaya terpadu dengan mengembangkan pemberdayaan masyarakat.
 
Guna mendukung usaha pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan desa khususnya, pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah pun telah menetapkan kebijakan, baik dalam bentuk regulasi maupun program atau kegiatan, yang diarahkan untuk penguatan kelembagaan.

Selain itu, pemerintah juga terus memberikan  motivasi dan pendongkrak swadaya gotong - royong masyarakat desa, serta inovasi dan kreatifitas pemerintahan desa dalam pencapaian program pembangunan perdesaan.
 
"Oleh karena itu, tentunya kegiatan lomba desa ini merupakan langkah komprehensif secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan, dalam rangka melakukan evaluasi dan pembinaan pemerintahan desa," jelasnya.
 
Ia menambahkan, sejalan dengan hal itu, pemerintah kabupaten Balangan secara kontinyu melakukan kegiatan penilaian lomba desa. 

"Kegiatan tersebut diselenggarakan, dimaksudkan untuk menjalankan kewajiban kami dalam rangka pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa," tuturnya.
 
Selain itu, lomba desa dan kelurahan pada hakekatnya dimaksudkan untuk menguatkan kerukunan masyarakat melalui partisipasi, kerja sama, serta kemandirian masyarakat dalam pembangunan desa dan kelurahan.

Hal itu ditandai dengan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di bidang ekonomi, sosial budaya, sosial politik, serta terpeliharanya lingkungan hidup yang mendukung pembangunan berkelanjutan.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017